Alasan Kenapa Data Pribadi Anda Perlu Dilindungi

4 Alasan Kenapa Data Pribadi Anda Perlu Dilindungi, No 1 Perlu Diperhatikan!

Di zaman digital seperti saat ini, informasi semakin mudah untuk kita dapatkan. Banyaknya pengguna internet didunia membuat dunia digital semakin berkembang setiap harinya.

Dengan kemudahan dalam mengakses informasi tersebut membuat kita sebagai pengguna menjadi lebih diuntungkan. Contohnya saja seperti saat ini kita dapat mencari segala informasi melalui Google. Peranan mesin pencari Google menjadi aspek paling penting dan menjadi keharusan untuk setiap masyarakat.

Dengan adanya mesin pencari Google, kita dapat belajar, berkomunikasi, berinteraksi hingga menghibur diri dengan konten-konten yang disajikan oleh banyak orang. Namun, ada berbagai macam tantangan yang harus kita hadapi ditengah-tengah maraknya dunia digital saat ini. Salah satunya yaitu dengan adanya ancaman penyalahgunaan data yang banyak tersebar di Internet.

Beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab dapat dengan mudah melakukan penipuan hingga mencuri data-data dari para pengguna internet.

Oleh karena itu, kita harus semakin bijak dalam menggunakan teknologi. Adapun alasan mengapa kita harus melindungi data pribadi yang kita miliki di Internet. Berikut 4 alasan kenapa data pribadi Anda perlu dilindungi.

1. Mencegah Penyalahgunaan Data PribadiMencegah Penyalahgunaan Data Pribadi

Seberapa banyak Anda membagikan data pribadi melalui Internet? Pasti Anda pernah memberikan data-data pribadi seperti nama, nomor handphone, foto dan lain sebagainya di Internet, bukan? Banyak peristiwa yang sering terjadi dikalangan masyarakat karena data mereka dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Motif yang dilakukan oleh oknum-oknum tersebut ada berbagai macam bentuk, contohnya seperti untuk digunakan sebagai data peminjaman online, peniuan dan lain sebagainya.

Tentu saja hal ini membuat korban yang tidak merasa melakukan kesalahan apapun menjadi bingung karena data yang mereka punya digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Oleh karena itu, kita harus mencegah penyalahgunaan data pribadi tersebut dengan cara melindungi data-data penting kita dari Internet. Usahakan untuk memeriksa terlebih dahulu website yang meminta data pribadi Anda di internet, apakah website tersebut merupakan website yang terpercaya atau tidak.

2. Mencegah Terjadinya KBGO

Mencegah Terjadinya KBGOMenjamurnya para remaja yang sudah menggunakan smartphone membuat para orangtua menjadi semakin resah.

Terlepas dari masalah kecanduan game online dan sosial media pada anak, saat ini semakin banyak jenis kekerasan yang beredar dimasyarakan salah satunya yaitu Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Kekerasan jenis ini sering  dialami oleh beberapa orang, termasuk didalamnya adalah anak-anak.

Data-data pribadi seperti jenis kelamin harus lebih ekstra untuk kita lindungi agar terhindar dari kasus pelecehan seksual hingga bullying secara online.

Remaja hingga anak-anak adalah orang yang sangat rentan terkena dampak dari KBGO dan bullying secara online. Karena pada dasarnya para remaja dan anak-anak belum mengetahui sepenuhnya apa saja yang mereka lakukan di internet dan dampak yang mereka hasilkan itu seperti apa. Sehingga mereka lebih mudah untuk dijadikan sasaran dalam banyak kasus penipuan hingga kekerasan.

3. Menghindari Ancaman di Dunia MayaMenghindari Ancaman di Dunia Maya

Karena semakin meningkatnya dunia teknologi saat ini, maka semakin banyak pula jenis kejahatan atau ancaman yang datangnya dari dunia maya. Ancaman tersebut biasa disebut dengan cyber crime, dimana mereka memanfaatkan internet dan teknologi komputer untuk mencari sasaran.

Ada beberapa jenis cyber crime yang sering terjadi di dunia maya, ancaman yang paling sering dialami banyak orang yaitu peretasan atau hacking. Tindakan tersebut termasuk kedalam tindakan yang berbahaya dan sering kali dilakukan oleh orang-orang yang menggeluti dunia programming.

Mereka akan menargerkan celah atau kelemahan dari suatu sistem keamanan agar bisa mendapatkan keuntungan berbentuk materi maupun hanya untuk kesenangan diri saja. Oleh sebab itu, kita harus lebih berhati-hati dan perlu untuk melindungi data pribadi agar terhindar dari berbagai ancaman di dunia maya tersebut.

4. Menghindari Potensi Pencemaran Nama BaikMenghindari Potensi Pencemaran Nama Baik

Data pribadi yang dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dapat disalahgunakan oleh mereka untuk melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Contohnya yaitu seperti untuk peminjaman online serta memanipulasi identitas.

Secara sengaja mereka menggunakan data pribadi milik orang lain untuk berbohong sampai mereka mendapatkan hal yang mereka inginkan, contohnya seperti uang. Dimana uang merupakan salah satu hal yang paling banyak diincar oleh orang yang tidak bertanggungjawab tersebut dengan berbagai macam cara.

Sehingga membuat orang yang data pribadinya disalahgunakan untuk melakukan sesuatu yang melanggar hukum menjadi terkena imbasnya. Nama mereka menjadi tidak baik dikalangan masyarakat. Kita juga harus lebih berhati-hati lagi, jangan sampai kita menjadi korban selanjutnya. Lindungi data pribadimu dengan baik dan benar.

Cara Melindungi Data Pribadi Anda

Cara Melindungi Data Pribadi Anda

Dengan berbagai macam alasan yang dijelaskan sebelumnya, kita harus lebih ekstra dalam melindungi data pribadi yang kita miliki. Karena data pribadi adalah sesuatu yang sangat sensitif, sehingga kita harus menjaganya sebaik mungkin. Selain menggunakan VPN Indonesia yang aman dan terpercaya, ada tiga cara lagi untuk melindungi data pribadi Anda dengan baik.

1. Lebih Bijak dalam Bersosial Media

Media sosial merupakan salah satu tempat sasaran empuk bagi mereka yang ingin mencuri data pribadi seseorang. Karena didalam media sosial, kita dapat mengetahui seluk beluk informasi mengenai seseorang secara transparan. Contohnya seperti kita sering meletakkan tanggal lahir hingga lokasi atau tempat dimana kita tinggal saat ini.

Nah, hal tersebut dapat dimanfaatkan bagi oknum-oknum yang mempunyai niat untuk mencuri data pribadi kita. Oleh karena itu, agar terhindar dari hal tersebut, kita harus mengatur personalisasi keamanan yang ada di sosial media kita. Anda harus lebih memperhatikan pengaturan sebelum Anda memberikan informasi terkait data pribadi di sosial media.

2. Menggunakan VPN Aman dan Terpercaya

VPN merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh masyarakat digital saat ini. Karena aplikasi VPN memberikan segudang manfaat.

Dengan menggunakan VPN kita dapat dapat berselancar di internet dengan menyembunyikan data pribadi yang kita miliki. Karena VPN dapat menjadi sebuah penghubung diantara satu server dengan server yang lainnya pada suatu tempat yang mempunyai jaringan internet.

Anda bisa memilih layanan VPN Indonesia yang sudah terpercaya dan aman seperti Surfshark, ProtonVPN, CyberGhost VPN dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda menggunakan VPN yang justru dapat merugikan diri Anda sendiri. Karena VPN abal-abal sering terinfeksi virus dan membuat komputer atau laptop kita menjadi rusak.

3. Buatlah Sandi Keamanan yang Baik

Untuk meningkatkan keamanan, sudah hampir seluruh website mengharuskan penggunanya untuk membuat sandi yang sangat kompleks pada saat sebelum mendaftar. Kita pasti sering menjumpai website yang meminta kita untuk mengatur sandi keamanan dengan perpaduan angka, huruf kapital hingga panjang dari sandi tersebut sudah ditentukan.

Hal tersebut dilakukan agar kita dapat melindungi data pribadi yang hanya kita berikan kepada website atau aplikasi tersebut. Hindari untuk mengatur sandi keamanan dengan tanggal lahir atau informasi yang sangat mudah untuk orang lain dapatkan.

4. Hindari Menggunakan Kartu Kredit untuk Segala Transaksi Secara Online

Seberapa sering Anda melakukan transaksi secara online? Apabila Anda merupakan seseorang yang gemar membeli barang secara online, maka pastikan untuk mengecek bahwa situs tempat Anda membeli barang tersebut aman dan juga terpercaya. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir ketika akan memasukkan informasi seputar kartu kredit yang Anda gunakan.

Demikianlah artikel yang menjelaskan alasan mengapa kita harus melindungi data pribadi dan cara melindungi data pribadi yang kita miliki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend