• Our Partners:

Alasan Kenapa Jarang Ada Smartphone Dengan Warna Putih

Alasan Kenapa Jarang Ada Smartphone Dengan Warna Putih

NESABAMEDIA.COMPetinggi OnePlus memberikan penjelasan mengapa sangat jarang terlihat smartphone dengan warna putih di pasaran. Pihaknya mengatakan bahwa menciptakan smartphone berwarna putih jauh lebih sulit dan mahal. Tanda sidik jari menjadi salah satu hal yang paling memberikan masalah dengan perangkat berwarna putih.

OnePlus baru saja mengumumkan smartphone OnePlus 10 Pro dengan warna putih, menandai pertama kalinya perusahaan menawarkan varian dengan warna putih sejak diluncurkannya OnePlus 6 di tahun 2018 silam. Petinggi perusahaan dalam pidato di acara peluncuran juga menjelaskan mengapa tidak banyak smartphone yang menggunakan varian berwarna putih.

Presiden Produk OnePlus, Liu Fengshuo mengatakan bahwa ada tiga alasan mengapa smartphone dengan warna putih sangat jarang terlihat akhir-akhir ini. 

“Pertama, proses pembuatan warna putih jauh lebih sulit, dengan beragam pengujian CMF (warna, bahan, dan finishing) di tingkat produksi. Jika ada sedikit saja perbedaan dalam proses peracikan, hasil akhir akan sangat berbeda dan teksturnya akan mengalami degradasi,” jelas Fengshuo. 

Alasan kedua yang dijelaskan oleh Fengshuo adalah tingkat produksi sangat rendah dan biayanya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan membuat warna lainnya. Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa biasanya membutuhkan waktu hingga tiga bulan untuk menguji lebih dari 100 efek untuk bisa mendapatkan warna putih terbaik. 

Terakhir pada warna putih, jejak sidik jari akan lebih jelas terlihat dibandingkan dengan warna lainnya, dan ini akan membuat tampilan smartphone cenderung gampang terlihat kotor. Ini juga termasuk warna putih yang sangat rentan terlihat kotor oleh debu atau kotoran lainnya. 

Fengshuo juga mengatakan bahwa perusahaan mengalami banyak sekali tantangan ketika mencoba menghadirkan OnePlus 10 Pro berwarna putih ini, seperti masalah warna yang berubah ketika smartphone itu dilihat dari sudut yang berbeda. 

Smartphone OnePlus 10 Pro tersedia dengan pilihan penyimpanan internal 512GB dengan harga sekitar Rp13 jutaan. Sudah diketahui juga bahwa OnePlus 10 Pro akan hadir ke pasar global dalam beberapa minggu ke depan, namun belum ada informasi apakah varian dengan warna putih itu juga akan tersedia untuk versi global tersebut. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend