10+ Alat Musik Harmonis Beserta Gambar dan Penjelasannya, Yuk Disimak!

Jenis nada yang dihasilkan dari suatu alat musik sehingga menghasilkan melodi-melodi yang bagus dan enak didengar ternyata dipengaruhi oleh karakter dari jenis alat musik yang dimainkan, yakni ada alat musik harmonis, alat musik melodis dan alat musik ritmis.

Pada ulasan kali ini akan membahas mengenai alat musik harmonis. Yang dimaksud dengan alat musik harmonis ialah alat musik yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi harmonis yang diperoleh dari 3 atau lebih nada-nada yang dimainkan secara bersamaan. Dalam musik harmonis ada istilah chord, yang artinya nada-nada yang dimainkan secara bersamaan.

Alat musik melodis tidak semuanya bisa dimainkan sabagai alat musik harmonis. Namun alat musik harmonis dapat dipakai sebgai alat musik melodis. Seperti apa sih alat-alat musik harmonis itu? ayo simak penjelasannya dibawah ini.

10 Macam Alat Musik Harmonis

1. Gitar

Alat Musik Harmonis Gitar

Alat musik yang satu ini sangat banyak kita temui dimana-mana. Gitar merupakan alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik dengan jari atau bisa menggunakan alat bantu plektrum atau plektra.

Gitar terdiri dari 6 tali senar (yang terbuat dari nilon/baja). Bagian inilah yang dapat menghasilkan nada-nada yang harmonis jika dipetik dengan aturan kunci nada tertentu. Gitar tradisional biasanya terbuat dari kayu, sedangkan material polikarbonat digunakan untuk gitar modern. Ada 2 jenis gitar yaitu elektrik dan akustik.

2. Harpa

harpa

Harpa (Harp) merupakan alat musik petik. Harpa juga memiliki senar, dan bentuknya tinggi. Harpa triangular biasanya merupakan harpa modern dengan ukuran 60 cm-180 cm, dengan senar 22-47 buah.

Saat memainkan harpa ada yang bisa di pangku (ukuran kecil) dan ada yang diletakkan di lantai (ukuran besar). Sebenarnya harpa banyak variasi ukurannya dibandingkan dengan instrumen lain. Suara yang dihasilkan dari harpa begitu halus, dan lebih sering dimainkan solo, namun juga bisa digunkan sebagai musik pengiring (ansambel).

3. Sasando

Alat Musik Harmonis Sasando

Alat musik petik selanjutnya ialah sasando. Alat musik ini berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di pulau Rote. Sasandu berarti alat yang berbunyi /bergetar (dalam bahasa rote).

Sasando biasanya terbuat dari bambu, dengan bentuk tabung panjang (bagian utama). Tempat dari senarnya berada pada bagian tengah. tabung sasando terdiri dari anyaman daun lontar berbentuk kipas yang digunakan sebagai tempat resonansi.

Sasando memang mirip dengan instrumen musik dawai seperti biola, harpa, gitar ataupun kecapi. Namun tidak banyak yang bisa memainkan sasando karena generasi penerus yang meminati alat musik ini sangat minim. Padahal suara yang dihasilkan begitu indah.

4. Saxophone

saxophone

Saxophone berasal dari negara Belgia yang dibuat oleh Adolphe Sax. Saxophone merupakan alat musik tiup sambil menekan tuts/lubang dengan aturan nada tertentu sehingga menghasilkan suara yang indah.

Instrumen ini sering digunakan dalam musik jazz, big and music, musik pop. Biasanya terbuat dari logam. Alto (Eb), Baritone (Eb), Soprano (Bb), dan Tenor (Bb) merupakan jenis sexophone yang sering digunakan.

5. Sampe

Alat Musik Harmonis Sampe

Sampe merupakan alat musik yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan Timur. Instrumen ini dimainkan dengan cara dipetik, terbuat dari bahan kayu (biasanya kayu marang, kayu tabalok, kayu pelantan, kayu adau, dll). Senar/dawai pada zaman dulu menggunakan tali dari pohon aren atau pohon enau. Pada zaman sekarng sudah menggunakan kawat tipis sehingga menghasilkan bunyi yang nyaring.

6. Rebab

rebab

Rebab/robab/rubab merupakan instrumen yang berasal dari Timur Tengah. Alat ini masuk ke Indonesia melaui pedangan-pedangan Islam. Alat musik senar ini dimainkan dengan cara digesek. Ukurannya kecil, dengan badan bulat, leher rebab panjang. Tidak memiliki papan nada dan penggunaannya bisa di pangku atau diletakkan dilantai. Mirip seperti biola namun busurnya lebih melengkung.

7. Siter & Celempung

Siter dan Celempung

Siter dan celempung merupakan alat musik dalam gamelan jawa yang dimainkan dengan cara dipetik, pada kedua sisi diantara kotak resonator ada senar sebanyak 11 dan 13 pasang.

Panjang siter 30 cm sedangkan celempung 90 cm dengan 4 kaki serta ada satu oktaf yang disetel dibawah siter. Nada pelog disetel pada satu senar sedangkan nada slendro untuk senar yang lainnya yang merupakan ciri khasnya. Cara memainkan siter dan celempung dilakukan dengan tempo yang sama.

8. Piano

Piano

Piano juga merupakan salah satu alat musik yang sering kita jumpai, cara memainkan alat ini ialah dengan menekan tuts pada piano dengan kepiawaian jari-jemari seorang pianis sehingga menghasilkan nada yang indah. Piano dibagi menjadi: piano elektronik dan piano akustik. Perbedaannya yaitu pada piano elektronik untuk menghasilkan bunyi memakai papan elektronik sedangkan pada piano akustik memakai senar melalui tangan seorang hammer.

9. Pianika

Pianika

Pianika adalah alat musik yang hampir mirip dengan piano, letak perbedaannya ialah pada pianika memiliki pipa yang dihubungkan ke mulut sebagai penyalur udara agar menghasilkan bunyi dari tiupan nafas sambil menekan tuts. Dalam memainkan alat pianika dibutuhkan teknik pernafasan yang baik. Ukuran dari pianika juga lebih kecil dibandingkan dengan piano.

Ada 2 jenis tuts dalam pianika yakni:

  • Tuts berwarna putih digunakan untuk nada asli/nada pokok.
  • Tuts berwarna hitam digunakan untuk nada kromatis.

Hal yang harus diperhatikan dalam memainkan pianika :

  • Dimainkan dengan 5 jari yang masing-masing jari berfungsi untuk menekan tuts yang berbeda.
  • Ditup dengan halus dan rata serta pengaturan nafas harus baik.
  • Tangan yang akan menekan tuts harus seperti memegang bola agak leluasa saat bergerak.
  • Tangan kiri digunakan untuk memegang pianika.

10. Biola

Alat Musik Harmonis Biola

Alat musik yang terakhir ini adalah alat musik dawai yang memiliki empat senar yaitu G-D-A-E yang dimainkan dengan cara digesek. Senar G merupakan nada paling rendah. Biola dengan nada tinggi yaitu cello, biola alto, kontra bass atau double bass. Hampir semua kertas musik untuk instrumen biola ini menggunakan kunci G.

Bunyi yang tercipta dari alat-alat musik harmonis diatas jika dimainkan dengan baik akan menghasilkan nada yang indah, dengan uraian diatas semoga kamu lebih memahami mengenai alat musik harmonis.

Leave a Reply

Send this to a friend