• Our Partners:

Alternatif Aplikasi Pengganti Cisco Packet Tracer

5 Alternatif Aplikasi Pengganti Cisco Packet Tracer (+Link Download)

Setiap orang yang sudah memiliki keterampilan atau ahli dalam mengatur IP pasti sebelumnya ia mempelajarinya terlebih dahulu. Nah, untuk mempelajarinya Anda tentunya harus belajar, tapi di zaman yang sudah canggih ini Anda tidak harus belajar di bangku sekolah atau kuliah lagi, Anda dapat mempelajari dan mensimulasikannya menggunakan sebuah aplikasi. Contoh aplikasinya adalah Cisco Packet Tracer.

Alternatif Aplikasi Pengganti Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda jadikan alat untuk belajar dan mensimulasi jaringan. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi banyak aplikasi-aplikasi sejenis yang bermunculan.

Nah, berikut ini 4 rekomendasi alternatif aplikasi pengganti Cisco Packet Tracer yang dapat Anda pertimbangkan. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. GNS3

GNS3

Alternatif aplikasi pengganti Cisco Packet Tracer pertama adalah aplikasi GNS3 (Graphic Network Simulator). Aplikasi simulasi jaringan ini berbasis GUI yang mirip dengan Cisco.

Aplikasi GNS3 ini dirilis pada tahun 2008 yang mampu mensimulasikan perangkat asli baik menggunakan emulator ataupun menggunakan teknologi virtualisasi.

Aplikasi GNS3 ini mempunyai tool pelengkap yang murah dan mudah sehingga dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri dalam memperoleh Cisco certification, seperti CCNA, CCNP, CCIP, bahkan CCIE. Hebatnya lagi, aplikasi GNS3 ini adalah simulasi jaringan yang Anda buat dapat dikoneksikan ke jaringan nyata, jadi Anda seperti belajar layaknya di lab virtual.

2. NetSim

Alternatif Aplikasi Pengganti Cisco Packet Tracer

Aplikasi alternatif selanjutnya adalah NetSim yaitu sebuah software yang cukup efisien untuk mensimulasikan jaringan berbasis Cisco, dengan tujuan utama dari aplikasi ini adalah mempelajari struktur perintah Cisco sesuai dengan standar ISO.

Aplikasi NetSim memproduksi amplop khusus yang dapat menjelajah dan mensimulasikan jaringan dengan penggunaan berbagai teknologi, termasuk simulator jaringan dan router, dengan menggunakan teknologi proprietary yang disebut Boson Virtual Packet.

Secara umum, simulator software Netsim ini melakukan pemisahan dari topik teknis dan penerapan yaitu kelas pelatihan yang lengkap untuk pembelajaran pribadi mengenai diskusi jaringan, peralatan, topologi, protokol, dan dunia jaringan.

3. Dynamips

Aplikasi Pengganti Cisco Packet Tracer

Dahulu sebelum aplikasi sebelumnya seperti GNS3 hadir, Anda wajib menginstall dynamips terlebih dahulu di  sistem operasi komputer Anda. Dynamips ini berfungsi untuk mensimulasikan router Cisco yang Anda gunakan.

Dynamips dapat berjalan di berbagai sistme operasi seperti Windows, Linux, MacOS, dan FreeBSD. Ohiya, aplikasi Dynamips ini membutuhkan cukup banyak RAM dan CPU untuk mencapai emulasi prosesor MIPS.

4. Ranplan Wireless

ranplan wireless

Alternatif aplikasi pengganti Cisco Packet Tracer yang terakhir adalah Ranplan Wireless. Aplikasi Ranplan Wireless ini memelopori solusi perangkat lunak untuk membantu menyempurnakan desain, pengoptimalan, dan otomatisasi jaringan nirkabel luar gedung dan perkotaan, baik secara terpisah maupun terkoordinasi.

Ranplan Wireless memiliki beragam produk perangkat yang menawarkan ekosistem pelanggan pendekatan dinamis agar dapat merancang dan menerapkan jaringan nirkabel di dalam gedung dan perkotaan secara efisien untuk berbagai aplikasi.

Adapun beberapa produk Ranplan antara lain Ranplan Professional, Ranplan In Building, Ranplan Tablet, dan masih banyak lagi.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 4 alternatif aplikasi pengganti Cisco Packet Tracer yang wajib Anda coba. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend