Android 12 Samsung One UI 3

Android 12 Rupanya Tiru Fitur Yang Ada di One UI Milik Samsung

NESABAMEDIA.COMGoogle sebelumnya dikabarkan telah merilis Android 12 Developer Preview pertama lebih awal dari yang dijadwalkan. Di saat Samsung masih fokus untuk memastikan jadwal pembaruan software bisa tepat waktu, Google kembali mengambil langkah lebih dulu mengambil salah satu fitur milik Samsung, terutama One Ui-nya. 

Rupanya Android 12 Developer Preview versi pertama itu memiliki desain pengaturan sistem tersembunyi yang terinspirasi dari One UI milik Samsung. Dengan kata lain ini menunjukkan bahwa Google sepertinya begitu percaya dengan bahasa pemrograman dan desain yang digunakan Samsung, dan memang seharusnya demikian. 

Anggota dari XDA Mishaal Rahman menemukan hal ini setelah membongkar elemen yang ada di Android 12 Developer Preview versi pertama itu. Dia mengatakan bahwa ada kemiripan sangat persis antara elemen antarmuka di Android 12 dengan yang ada di One UI milik Samsung. Ini adalah ketika pengguna menggeser ke bawah, maka elemen antarmuka akan menjadi lebih dekat dengan jempol pengguna, yang membuat navigasi satu tangan bisa lebih mudah. 

Namun untuk bisa menemukan elemen ini, pengguna diharuskan mengaktifkannya terlebih dahulu menggunakan shell command ADB. Setelah mengaktifkannya, ukuran font header pada aplikasi akan menjadi lebih besar, dan ruang kosong akan dimunculkan ke bagian atas layar, membuatnya lebih mudah untuk menjangkau elemen antarmuka di bagian atas. 

Seperti yang ada di One Ui, elemen header ini juga bersifat responsif. Artinya ukuran font header aplikasi itu akan kembali normal saat pengguna menggeser ke bawah. Seperti yang terlihat dalam gambar berikut ini.

Android 12 Developer Preview Elemen One Ui

Android 12 Developer Preview Elemen One Ui

Namun perlu dicatat bahwa Google terkenal dengan menambahkan banyak sekali fitur baru di versi Developer Preview, yang dihadirkan hanya untuk dihapus setelahnya. Juga perlu diketahui bahwa fitur tersebut tidak tersedia secara bawaan, yang menunjukkan bahwa Google mungkin bisa saja berubah pikiran dan akan menghapus fitur tersebut nantinya. 

Ini juga bukan pertama kalinya Google mendapatkan inspirasi dari Samsung. Mungkin adalah informasi yang cukup mengejutkan beberapa pihak bahwa saat ini, One Ui disebut sebagai skin terbaik untuk ekosistem Android yang pernah ada. Dan sangat wajar jika kemudian Google memutuskan untuk menghadirkannya ke Android 12. 

Leave a Reply

Send this to a friend