Windows 10 Servicing Stack Update SSU

Pembaruan Kumulatif Bulanan Windows 10 Akan Digabung Dengan SSU

NESABAMEDIA.COMPembaruan keamanan Windows 10 dan pembaruan penting lainnya biasanya akan dirilis di hari yang sama, dan seringnya tidak bisa dipilih salah satu untuk dipasang secara individu, kecuali pengguna memakai Microsoft Update Catalog atau alat canggih lainnya seperti WSUS untuk pengguna bisnis.

Selain pembaruan kumulatif dan pembaruan keamanan, Windows 10 juga menawarkan Servicing Stack Update (SSU) atau pembaruan tumpukan layanan secara terpisah untuk memperbaiki potensi masalah dalam komponen Windows Update. 

SSU ini akan terpasang secara otomatis ketika pengguna menerapkan pembaruan kumulatif bulanan, namun dalam kasus tertentu, SSU ini tidak sengaja terlewati dan akhirnya berujung pada masalah pemasangan. 

Mulai bulan Februari 2021, pembaruan opsional kumulatif KB4601382 untuk Windows 10 versi 20H2 dan versi 2004 akan mengalami peningkatan proses pembaruan. Microsoft telah memberikan konfirmasi bahwa SSU akan dimasukkan bersama dengan pembaruan kumulatif untuk kedepannya. 

Dengan pendekatan SSU yang digabungkan dengan pembaruan kumulatif yang baru ini, Microsoft akhirnya memperbaiki potensi masalah di mana pembaruan bulanan tidak dapat dipasang karena SSU tidak dipasang sebelumnya. 

Microsoft awalnya mulai menguji ide ini sejak tahun lalu dan baru-baru ini mulai diaktifkan untuk Windows 10 versi 1909 dan versi yang lebih lama. Pendekatan baru ini diharapkan bisa meningkatkan keandalan Windows Update dan mengurangi munculnya kesalahan yang dialami pengguna selama proses pemasangan pembaruan kumulatif bulanan. 

Dalam daftar perubahannya, Microsoft mencatat bahwa pembaruan gabungan pertama ini akan mencakup perbaikan pada bug umum dan peningkatan kualitas untuk memastikan bahwa SSU bisa diandalkan. 

Selain meningkatkan pembaruan Servicing Stack (SSU), Microsoft juga telah mengkonfirmasi bahwa pembaruan opsional untuk bulan ini akan memperbaiki masalah pada Windows Out of Box Experience (OOBE), yang muncul ketika pengguna menerapkan pembaruan fitur besar. 

Microsoft juga telah memperbaiki masalah yang berdampak pada tampilan High Dynamic Range (HDR) dan monitor dengan latensi rendah tertentu. Microsoft sejauh ini belum memberikan lagi perbaikan untuk masalah yang sedang terjadi di Windows 10, dan pembaruan kali ini karena sifatnya opsional, bisa dilewati untuk dipasang.  

Leave a Reply

Send this to a friend