Aplikasi Clubhouse di Android

Aplikasi Clubhouse Segera Hadir di Perangkat Android

NESABAMEDIA.COMClubhouse, sebuah aplikasi media sosial dengan format audio yang tengah naik daun dikabarkan baru saja merekrut seorang pengembang piranti lunak Android. Ini bisa menjadi tanda bahwa Clubhouse akan memulai pengembangan aplikasi untuk versi Android. 

“Hari ini adalah hari pertama saya bergabung dengan Clubhouse,” bunyi cuitan dari Mopewa Ogundipe. Seperti yang tertulis di bio pada akun Twitternya itu, Mopewa merupakan seorang pengembang software Android sejak versi Gingerbread. 

Mopewa sebelumnya juga diketahui sangat aktif terlibat dalam pengembangan software berbasis Android sejak 2014, salah satunya dia juga pernah bekerja di Instagram, Khan Academy dan Medium. 

Dengan adanya kabar dari Mopewa itu, para pengguna smartphone Android yang sebelumnya sangat ingin mencicipi aplikasi Clubhouse, serasa mendapat angin segar karena sebentar lagi mereka bisa memasang aplikasi itu di perangkat mereka. 

Clubhouse sendiri dirilis pada bulan Maret 2020 silam, dan sejak saat itu dengan cepat menjadi salah satu aplikasi konsumen paling populer di luar produk-produk Silicon Valley. Di aplikasi Clubhouse, pengguna bisa berkumpul dalam sebuah ruangan virtual dalam bentuk audio, di mana nantinya ruangan itu digunakan sebagai tempat berdiskusi tentang perkembangan teknologi yang sedang tren, mendengarkan petuah dari tokoh terkenal seperti Elon Musk atau hanya sekedar bersosialisasi dengan pengguna lain. 

Sejauh ini, aplikasi tersebut hanya tersedia untuk iOS saja. Yang membuatnya menjadi sangat eksklusif adalah, pengguna tidak bisa sekedar mendaftar dan kemudian bergabung di aplikasi tersebut. Namun harus melalui undangan dari pengguna yang sudah bergabung di Clubhouse. Lebih lanjut, setiap pengguna Clubhouse hanya bisa mengirimkan maksimal dua undangan saja. 

Meski sangat terbatas dan eksklusif dalam mencari pengguna, nyatanya aplikasi tersebut dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sudah bisa memiliki 10 juta pengguna aktif mingguan. Jumlah pengguna ini diumumkan secara khusus oleh sang Co-Founder yakni Paul Davison dan Rohan Seth pekan lalu. 

Adapun Clubhouse yang kemudian merambah ke perangkat Android dikarenakan aplikasi itu baru saja mendapatkan suntikan dari perusahaan permodalan Andreessen Horowitz pada bulan Januari lalu. Nilai dari pendanaan itu dilaporkan sekitar USD100 juta yang kemudian mengantarkan valuasi dari Clubhouse menembus angka USD1 miliar. 

Leave a Reply

Send this to a friend