Apa itu Remote Desktop

Apa itu Remote Desktop? Mengenal Pengertian Remote Desktop

NESABAMEDIA.COM – Ingin membuat koneksi internet menjadi lebih cepat? Terdapat cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan RDP.

RDP merupakan singkatan dari Remote Desktop Protocol yang berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya secara remot. Dengan kata lain, protokol tersebut berguna untuk memberikan akses ke komputer lain untuk saling bertukar atau bertransfer data meskipun berada di jarak yang jauh.

Namun penggunaan ini bukan hanya terbatas pada komputer pribadi. Anda juga bisa menggunakan Remote Desktop tersebut agar komputer Anda tersambung dengan server Remote Desktop maupun dekstop virtual. Informasi lainnya berkaitan dengan RDP akan kami jelaskan di bawah ini.

Fungsi Remote Desktop Protocol

Fungsi Remote Desktop Protocol

Sebenarnya, fungsi dari Remote Desktop Protocol adalah untuk memberikan akses secara remot dengan melalui port  TCP 3389. Ketika Anda menggunakan aplikasi RDP maupun berperan sebagai client, data yang Anda kirim akan dimasukkan ke kanal Remote Desktop Protocol. Kemudian sistem operasi pada komputer akan mengenkripsi data sebelum akhirnya dikirimkan dengan melalui port TCP.

Sementara itu, RDP dikelola oleh driver yang bernama ternimal server device redirector. Driver tersebut di dalamnya memiliki beberapa komponen seperti Wdtshare.sys yang bertugas menangani enkripsi serta kompresi. Ada juga Tdtcp.sys yang berfungsi memastikan apakah RDP sudah melalui TCP/IP atau belum.

Manfaat Adanya Remote Desktop Protocol

RDP bermanfaat sebagai pemberi fasilitas yang membuat koneksi internet menjadi lebih cepat. Bahkan internet Anda bisa memiliki kecepatan hingga mencapai 1.000 Mbps. Tentunya kecepatan tersebut akans sangat berguna ketika Anda hobi mengunduh maupun mengupload file yang berukuran besar. Anda tidak perlu lagi menunggu waktu lama sampai file Anda tersebut berhasil didownload maupun diupload.

Meskipun begitu, kecepatan yang Anda dapatkan ditentukan oleh seperti apa performa server yang Anda gunakan. Maka dari itu, Anda harus memilih server yang tepat untuk RDP sehingga Anda akan memperoleh kecepatan internet yang Anda inginkan. Semua file bisa Anda unduh dengan mudah dan cepat.

Manfaat lain yang juga bisa Anda dapatkan dengan adanya RDP adalah sistem ini bisa menjalankan aplikasi maupun bot yang memang harus terus berjalan. Koneksi protokol tersebut tidak akan terputus bahkan meskipun komputer dalam kondisi mati. Bukan itu saja, proses yang berada di dalam server RDP juga terus berjalan. Maka dari itu, Anda masih bisa membiarkan bot atau aplikasi tersebut berjalan asalkan prosesnya tidak sampai melebihi bandwidth dari server.

Anda juga bisa melakukan modifikasi terhadap server RDP sesuai keinginan Anda. Anda tinggal menentukan kira-kira mana server RDP yang mampu memberikan koneksi dan bandwidth yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikian informasi mengenai pengertian, fungsi, dan manfaat Remote Dekstop Protocol. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend