Android 13 Developer Preview 2 Mulai Diluncurkan, Fokus ke Fitur Privasi

Android 13 Developer Preview 2 Mulai Diluncurkan, Fokus ke Fitur Privasi

NESABAMEDIA.COMJika anda sedang menjalankan Android 13 versi Developer Preview (Pratinjau Pengembang) di perangkat Pixel anda, mungkin ini saatnya untuk melakukan pembaruan. Google pada hari Kamis kemarin mengumumkan peluncuran dari versi Pratinjau Pengembang Kedua dari Android 13. 

Sebagai informasi, versi pertama Pratinjau Pengembang dari Android 13 telah dirilis pada awal Februari lalu, membawa perubahan desain minimal ke sistem operasi seluler yang mentenagai miliaran perangkat di seluruh dunia itu. 

Untuk versi baru kali ini, pembaruan berfokus pada peningkatan privasi, seperti membatasi foto mana yang bisa diakses oleh sebuah aplikasi. Dengan Pratinjau Pengembang Kedua ini, Google menambahkan lebih banyak fitur privasi ke Android 13.

Aplikasi kini membutuhkan permintaan izin untuk bisa mengirimkan notifikasi. Meski ini bukan fitur privasi langsung, namun ini merupakan salah satu fitur yang telah lama dinantikan di Android. Meskipun aplikasi belum diperbarui ke runtime Android 13, itu akan mendapatkan dialog sistem perizinan, menjadikan izin pemberitahuan sebagai fitur utama, terlepas berapa usia aplikasi tersebut. 

Ada juga API izin pengembang baru yang dapat diturunkan yang memungkinkan pengembang mencabut sendiri izin yang diperlukan aplikasi pada satu titik, tetapi tidak lagi diperlukan. Ini adalah API yang menarik untuk dimiliki, tetapi akan membutuhkan pengembang melakukan pengkodean yang tepat. 

Ada beberapa pembaruan penting yang ditambahkan ke Android 13, termasuk peningkatan wrapping teks Jepang, API konversi teks, font vektor warna, dan peningkatan Bluetooth LE Audio. 

Pihak Google mendesak para pengembang aplikasi untuk menguji aplikasi mereka sekarang, guna memastikan ada tidaknya masalah kompatibilitas dengan Android 13, agar tidak mengganggu jadwal peluncuran Android 13 Beta 1, yang saat ini dijadwalkan akan rilis ke publik pada bulan April mendatang. 

Masa pengujian di saluran Beta sendiri telah dijadwalkan akan selesai pada bulan Juni, untuk kemudian memasuki masa penstabilan platform sampai dengan bulan Juli, dan kemudian siap untuk dilakukan perilisan publik versi stabil setelahnya.

Sebagai pengingat juga, bahwa versi Pratinjau Pengembang Android 13 telah kompatibel dengan smartphone Pixel 4 dan yang lebih baru. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend