• Our Partners:

Samsung Galaxy A53 5G Siap Saingi iPhone SE Terbaru

Samsung Galaxy A53 5G Siap Saingi iPhone SE Terbaru

NESABAMEDIA.COMSatu pekan setelah Apple mengungkap iPhone SE 3 (2022), Samsung mengumumkan pesaingnya dengan harga yang selevel. Dalam sebuah event virtual yang digelar hari Kamis 17 Maret 2022 kemarin, Samsung mengumumkan Galaxy A53 5G, yang mengemas banyak fitur kelas atas setingkat flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Smartphone ini hadir dengan sebuah sistem quad-kamera baru, prosesor yang lebih baik, desain ramping dan kemampuan 5G. 

Dari semua yang ditawarkan itu, mungkin harga yang lebih terjangkau menjadi titik penjualan utama smartphone tersebut. Samsung Galaxy A53 5G dibanderol dengan harga Rp6,4 jutaan untuk model penyimpanan 128GB, di mana harga itu lebih murah Rp400 ribuan dari iPhone SE dengan jumlah kapasitas penyimpanan yang sama. 

Pertarungan harga tersebut menjadi indikasi paling baru bahwa pabrikan smartphone sedang bertaruh pada perangkat 5G dengan harga terjangkau, untuk menarik minat pembeli yang sedang mencari smartphone 5G pertama kali mereka, atau yang sedang mencari peningkatan, di saat pasar sudah terlalu jenuh. Meski demikian, sejumlah analis menyampaikan bahwa masih belum jelas seberapa besar permintaan untuk smartphone 5G ini. 

Samsung Galaxy dan Note telah lama membayangi perangkat seri A. Namun di tengah ketidakpastian ekonomi karena pandemi, lini perangkat dengan harga terjangkau menjadi penyumbang utama penjualan smartphone perusahaan, berdasarkan laporan riset dari IDC.

Menurut Ramon Llamas, direktur dari IDC, alasan di balik hal tersebut adalah karena Samsung dengan cerdik memposisikanya sebagai perangkat smartphone kelas menengah atas yang menyamar sebagai perangkat kelas entry. 

Di luar masalah harga, versi terbaru dari smartphone 6,5 inci in berjalan pada prosesor Exynos 5nm baru Samsung, yang membantu mendukung peningkatan kemampuan AI yang memberi daya, misalnya Night Mode yang ditingkatkan dan kemampuan untuk menghapus beberapa objek yang tidak diinginkan dalam foto. Model terbaru juga mendapat peningkatan baterai yang signifikan, dengan janji masa pakai baterai dua hari dengan sekali pengisian daya.

Samsung Galaxy A53 juga dilengkapi dengan sistem quad-kamera dengan peningkatan kamera utama 64MP dan kamera depan 32MP. 

Bulan lalu, Samsung meluncurkan smartphone terbaru di lini andalannya, yakni Galaxy S22 dan mencatat dalam siaran pers baru-baru ini bahwa pre-order perangkat itu dua kali lipat dari seri Galaxy S21.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend