Android 13, Kilasan Pertama OS Seluler Google Berikutnya

Android 13, Kilasan Pertama OS Seluler Google Berikutnya

NESABAMEDIA.COMAndroid 13 akan segera hadir. Debut untuk versi pratinjau pertamanya diluncurkan Google pada bulan Februari lalu, di mana timeline ini sama dengan kebiasaan Google di versi Android sebelumnya. Selama bertahun-tahun, Google melakukan debut beberapa versi pratinjau pengembang menjelang event I/O di bulan Mei, di mana saat event itu biasanya diluncurkan versi beta pertamanya.

Untuk tahun ini, Android 13 tidak akan membawa perubahan besar, karena Android 12 telah membawa perubahan sangat besar ke platform tersebut. Yang diharapkan di sistem operasi yang baru itu adalah sedikit peningkatan pada Material You dan beberapa fitur lainnya. 

Berangkat dari hal ini, nesabamedia.com akan mengupas beberapa hal yang perlu diketahui dari Android 13 ini.

Kapan Tersedia?

Versi final dari Android 13 kemungkinan akan tersedia setelah bulan Agustus. Biasanya Google akan mengatakan kuartal ketiga, yang artinya antara bulan Juli sampai dengan September. Namun untuk tahun lalu, versi stabil dari Android 12 diluncurkan pada bulan Oktober. 

Berapa Banyak Versi Sebelum Stabil?

Akan ada dua versi pratinjau pengembang, dan empat versi beta sebelum rilisan final akan diluncurkan tahun ini. Namun, hal ini bisa berubah sewaktu-waktu. Google bisa saja menemukan lebih banyak masalah dengan Android 13, dan akhirnya mengirimkan beberapa versi beta lagi. Hal ini pernah terjadi pada tahun 2020 dan 2021 lalu. 

Google diketahui memiliki kebiasaan mengirimkan versi beta sekitar sekali dalam satu bulan. Biasanya dilakukan pada hari Rabu minggu kedua, dan pembaruan keamanan dikirimkan pada hari Senin minggu pertama. 

Nama Makanan Penutup Yang Digunakan

Meskipun Google tidak lagi mengumumkan penggunaan nama makanan penutup untuk versi baru Android, namun mereka masih menggunakannya secara internal. Android 13 menggunakan huruf T sebagai awalan representasi nama makanan penutup, dan merujuk pada kode yang ditemukan dalam pratinjau pengembang, itu adalah Tiramisu. 

Namun ini tidak akan pernah dikonfirmasi secara resmi lagi oleh Google, karena mereka menghentikan penggunaan nama ini. Kemungkinan itu karena fakta bahwa Android 10 yang seharusnya menggunakan huruf Q, namun tidak ada nama makanan penutup yang berawalan huruf tersebut.

Fitur dan Perubahan Yang Ada di Android 13

Sejauh ini, yang sudah diketahui adalah dua versi pratinjau pengembang, yang tidak menunjukkan banyak fitur baru. Itu adalah hal yang biasa bagi Google, karena mereka seringkali menyimpan rapat-rapat dan mengumumkannya pada event I/O, yang juga digunakan untuk mengumumkan versi beta pertama dari Android 13. 

Namun ada beberapa yang kemungkinan besar akan hadir di versi baru ini, seperti:

  • Material You yang ditingkatkan. Ini adalah tema yang pertama kali diumumkan pada Android 12, dan di Android 13, tema ini akan mendapatkan penyempurnaan dengan hadirnya warna tone baru dalam kategori, Tonal Spot, Vibrant, Expressive dan Spiritz.
  • Izin Notifikasi. Masalah privasi dan perizinan telah menjadi bagian terbesar dalam setiap perilisan versi baru Android, dan ini mendapatkan lebih banyak perubahan dengan Android 13. 
  • Phantom Process Killer. Ini adalah fitur yang mampu membatasi proses aplikasi di latar belakang. Sehingga aplikasi yang berjalan di latar belakang itu tidak akan mengkonsumsi banyak baterai. 
  • Volume Picker. Menu baru ini menampilkan slider volume dengan ukuran lebih besar, dengan ujung oval untuk mengontrol suara perangkat. 
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend