• Our Partners:

Android 14 akan Hadirkan Predictive Back Gesture

Android 14 akan Hadirkan Predictive Back Gesture

Google tahun ini memang merombak besar-besar layanan mereka, bahkan sistem operasi Android 13 sebagai sistem terbaru juga telah mulai digunakan oleh beberapa merek ponsel kenamaan dunia. tetapi, kabarnya Android 14 juga sedang dalam tahap pengembangan, Selasa (15/11).

Android 13 telah dirilis beberapa bulan yang lalu, bahkan belum genap enam bulan dari sekarang. Namun, nampaknya Google tidak berhenti sampai di situ saja karena mereka saat ini masih terus mengembangkan sistem terbaru mereka di masa yang akan datang.

Android 14 akan Hadirkan Predictive Back Gesture
2

Google saat ini tengah mengembangkan sistem Android 14 yang kemungkinan akan dirilis beberapa tahun lagi, tetapi baru-baru ini Google memamerkan sedikit kemampuan dari sistem operasi Android 14 ini ke publik.

Di mana Google memberikan tampilan unik dari Android 14 melalui fitur Predictive Back Gesture di dalam aplikasi. Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna Android 14 bisa langsung melihat tampilan dari aplikasi lainnya.

Maksudnya ialah ketika menggunakan fitur ini untuk mengakses beberapa aplikasi yang pernah dibuka, maka sistem akan memperlihatkan tampilan berupa jendela aplikasi yang terakhir kali ditutup. Misalnya, ketika pengguna keluar dari aplikasi Instagram dengan membuka fitur Direct Message (DM), maka jendela ini akan menampilkan hal serupa.

Lebih lanjut, Google mengatakan bahwa fitur ini akan memberikan bantuan kepada pengguna untuk yang tidak sengaja menutup aplikasi karena kesalahan pribadi. Google juga mengatakan bahwa fitur gestur ini akan memberikan pengalaman yang lebih alami, cepat dan interaksi yang fleksibel.

Kabar terbaru mengatakan bahwa Google sedang melakukan uji coba ini di layanan mereka seperti Chrome dan Calendar. Fitur ini akan memiliki sejumlah keunggulan, karena berbeda dengan fitur berbagi layar yang bisa membuka jendela lebih dari satu.

Fitur gestur ini nampaknya akan menjadi masa depan Android, karena nantinya pengguna bisa mengakses jendela aplikasi dan membuatnya menjadi semacam Widget yang bisa diakses dan dioperasikan selayaknya menggunakan aplikasinya dalam tampilan penuh.

Ada banyak juga pengguna yang mengatakan bahwa Google mengusung UI yang mirip seperti yang ada di iOS. Tetapi dengan menggunakan tambahan fitur dan konsep yang bereda. Meskipun begitu, kita tetap dibuat penasaran dengan Android 14 yang akan dirilis nanti.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend