Smartphone Konsep LG Wing

Android Kehilangan Salah Satu Inovator Perangkat Smartphone Terbaiknya

NESABAMEDIA.COMSalah satu inovator terbesar untuk perangkat Android menyatakan mengundurkan diri dari industri itu. Senin pagi kemarin, LG mengungkapkan bahwa mereka secara resmi keluar dari bisnis smartphone untuk kemudian berfokus mengembangkan area lain seperti perangkat rumah pintar, robotika dan kendaraan listrik. Sementara perangkat smartphone yang sudah ada, akan tetap dijual sampai stoknya habis, dan LG juga akan tetap memberikan dukungan layanan serta pembaruan perangkat lunak untuk pelanggan smartphone mereka. 

Dengan keluarnya LG dari bisnis smartphone, maka harapan pengguna untuk bisa melihat smartphone gulung terbaru dari perusahaan itu pun sirna juga. Selain itu, pembaruan sistem operasi ke Android 12 untuk smartphone LG di musim gugur nanti juga tidak ada, karena saat ini masih banyak smartphone LG yang belum mendapatkan Android 11.

Penutupan bisnis smartphone oleh LG itu bukanlah kabar yang mengherankan, karena divisi smartphone LG mencatat kerugian yang sangat besar selama beberapa tahun terakhir, dan rumor soal bangkrutnya divisi smartphone perusahaan itu telah tersiar dalam beberapa bulan belakangan, namun tetap saja apa yang dialami LG itu dinilai begitu menyedihkan. 

Padahal, LG masih cukup konsisten untuk menghadirkan sejumlah smartphone flagship dalam beberapa tahun terakhir serta sejumlah handset yang dengan harga murah yang mampu menjadi pesaing smartphone dengan harga yang lebih mahal beberapa juta di atasnya. Kini, warisan abadi yang bisa diberikan LG adalah usaha dalam menghadirkan fitur-fitur baru yang inovatif. 

Selama ini pengguna telah menjadi saksi bagaimana LG menghadirkan desain konsep smartphone dengan layar yang bisa digulung, atau layar ganda di smartphone LG V60 ThinQ 5G atau smartphone dengan layar lebar modular LG G5. Namun seperti sejumlah kalimat motivasi yang menyebut bahwa unik belum tentu berguna, tampaknya hal itulah yang dialami dengan smartphone-smartphone unik yang telah dikeluarkan oleh LG. 

Seperti LG V8 yang digembor-gemborkan dengan fitur gestur berbasis gimmick yang nyatanya tidak sebanding dengan promosinya, atau LG Wing yang dianggap terlalu radikal hanya untuk menarik perhatian pengguna. 

Namun pada dasarnya, itulah LG, sebuah perusahaan yang tidak jauh berbeda dengan pabrikan smartphone Android lainnya yang ingin berinovasi dengan produk mereka. Bedanya adalah, LG dikenal sebagai pabrikan yang berani melahirkan inovasi-inovasi dengan resiko yang sangat besar. 

Keberanian LG itu sayangnya tidak pernah berhasil mendapatkan hit atau menjadi trend arus utama yang sebenarnya. Sementara orang-orang lebih memilih perangkat smartphone yang benar-benar bisa diandalkan sesuai kebutuhan seperti produk dari Apple, Samsung atau Xiaomi. Akhirnya, kenyataan ini membuat LG memutuskan untuk berhenti total dari berinovasi di perangkat smartphone Android secara penuh pada tanggal 31 Juli nanti. 

Leave a Reply

Send this to a friend