Android Subsystem Muncul di Build Pengembang Windows 11

Android Subsystem Muncul di Build Pengembang Windows 11

NESABAMEDIA.COMKetika Microsoft melakukan pengungkapan besar Windows 11 akhir Juni lalu, salah satu pengumuman yang mengejutkan adalah bahwa sistem operasi baru itu membawa dukungan Android asli. Aplikasi Android yang berfungsi seperti aplikasi Windows biasa, nantinya bisa dilampirkan ke Start Menu, dipindahkan, dan umumnya diperlakukan seperti entitas program x86 asli.

Untuk membuatnya berfungsi, Windows 11 akan membutuhkan Android Subsystem, yang baru saja mengguncang Build Pratinjau di program Windows Insider di kanal Pengembang. Informasi soal keberadaan Android Subsystem tersebut tidak banyak membantu saat ini, namun inilah yang akan memungkinkan pengembang untuk mengutak-atik Aplikasi Android di Windows.

Hadirnya Android Subsystem dimungkinkan berkat teknologi Intel Bridge, yang bekerja keras untuk bisa menjadikan aplikasi Android tersebut berjalan secara native di perangkat keras x86. Jangan khawatir, teknologi ini bukanlah sesuatu yang hanya akan berjalan di perangkat keras berbasis Intel, namun juga akan berjalan dengan baik di PC AMD.

Microsoft Store yang telah mengalami perombakan tersebut akan mendapatkan dukungan aplikasi Android melalui kolaborasi dengan Amazon App Store. Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sangat menarik bahwa Microsoft memutuskan untuk bekerjasama dengan Amazon untuk menghadirkan dukungan ini, dan bukannya dengan Google secara langsung. 

App Store Amazon memiliki pilihan judul aplikasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Google, meski semua aplikasi umum dan populer ada di sana dan toko aplikasi itu jauh lebih sehat dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Maka, tidak salah juga jika Microsoft menggandeng Amazon dalam hal ini. 

Pengguna tidak perlu menunggu hingga Windows 11 diluncurkan untuk bisa menjalankan Aplikasi Android di komputer, karena mungkin sudah banyak pengguna lain di luar sana yang melakukannya berkat BlueStacks, yang mampu menjalankan sebagian besar aplikasi dan game tanpa banyak masalah. Versi terbaru, BlueStacks 5, berjalan dengan baik pada perangkat keras modern, dan bahkan mendukung makro dan berbagai sistem rendering untuk membantu memastikan game favorit pengguna berjalan.

Windows 11 akan dirilis pada tanggal 5 Oktober. Jadi tidak lama lagi sampai kita melihat bagaimana implementasi Android asli Windows 11 dibandingkan dengan alternatifnya.

Leave a Reply

Send this to a friend