Kabel OMG, Kabel Pengisi Daya Yang Bisa Membobol Perangkat Elektronik

Kabel OMG, Kabel Charger Yang Bisa Membobol Perangkat Elektronik

NESABAMEDIA.COMKabel charger ini terlihat seperti kabel pengisi daya biasa yang disertakan dengan kebanyakan perangkat smartphone. Namun rupanya, pengisi daya itu dapat digunakan untuk melakukan hack ke sistem, yang menjadi pintu masuk peretas mengambil alih perangkat dari korban.

Kabel charger OMG ini kemudian dapat digunakan untuk mencuri data korban dan menyuntikkan malware ke perangkat yang terinfeksi. Ini pertama kali dipamerkan di konferensi cyber DEFCON pada tahun 2019. Namun, mereka sekarang tersedia untuk dibeli oleh umum melalui vendor keamanan siber Hak5.

Kabel Charger OMG

Kabel itu dijuluki ‘OMG Cable Charger’ setelah penciptanya, yang ternyata seorang peneliti keamanan siber MG. Kabel-kabel ini terlihat sama seperti kabel biasa, dan pengguna umum tidak dapat membedakannya. Saat terhubung, kabel tersebut akan membuat hotspot Wi-Fi mereka sendiri di mana peretas dapat terhubung ke perangkat korban meskipun jaraknya lebih dari satu mil. Kabel dapat merekam apa pun yang diketik, termasuk kata sandi, dan mengirim data kembali ke penyerang.

Ini semua dimungkinkan karena chip kecil di dalam kabel pengisi daya OMG, yang menghabiskan separuh ruang yang ada di dalamnya. Vendor keamanan siber menawarkan beberapa varian kabel, termasuk kabel lightning, Type-C, Type-A, dan banyak lagi. Penciptanya MG mengatakan bahwa, “Ada orang yang mengatakan bahwa kabel Tipe C aman dari implan jenis ini karena tidak ada cukup ruang. Jadi, jelas, saya harus membuktikan bahwa anggapan itu salah”.

Penciptanya telah memberikan peningkatan ke kabel OMG, dan sekarang mereka memiliki fitur tambahan. Fitur tambahan ini termasuk mengubah pemetaan kunci dan memalsukan identitas perangkat USB tertentu.

Beberapa identitas USB dapat membuat sistem lebih rentan. Ini juga memiliki fitur geofencing yang dapat memicu atau memblokir muatan perangkat berdasarkan lokasi fisik kabel. Artinya kabel dapat memiliki prosedur bawaan jika perangkat pernah meninggalkan jangkauan efektif.

Perusahaan menggambarkan produk tersebut sebagai “dibangun untuk penggunaan lapangan terselubung, dengan fitur yang meningkatkan eksekusi jarak jauh, sembunyi-sembunyi, penghindaran forensik, sambil dapat mengubah utilitas yang dimiliki dengan cepat.” Kabel ini terdengar seperti alat ajaib yang ada di film-film agen rahasia. Namun, implikasinya di tangan yang salah bisa menjadi bencana bagi keamanan pengguna.

Leave a Reply

Send this to a friend