Mengakses Situs Internet di Smartphone Android 7.1

Android Versi 7.1 Ke Bawah Mulai Tahun Depan Tidak Bisa Mengakses Situs Internet

NESABAMEDIA.COMAndroid 7.1 – Mungkin butuh waktu cukup lama, hingga website yang ada saat ini telah menggunakan HTTPS untuk mengirimkan data secara lebih aman. Hal ini juga berkat tuntutan dari pihak Google, agar web admin bisa menjadikan koneksi ke situs, terenkripsi secara aman menggunakan lapisan HTTPS

Di sisi lain, hal ini bisa menjadi resiko munculnya masalah baru, ketika situs gagal memuat sertifikasi yang tidak tepat di perangkat pengguna, khususnya smartphone. Inilah yang kemungkinan bakal terjadi pada tahun depan untuk perangkat smartphone Android.

Let’s Encrypt salah satu yang menjadi otoritas sertifikasi ini, dan sertifikasi mereka digunakan oleh sekitar 30 persen seluruh domain website yang ada di dunia. Saat pertama kali diluncurkan, mereka menggunakan sertifikasi “ISRG Root X1” yang terpasang di semua jenis browser dan sistem operasi. 

Semua sertifikasi yang ada saat ini juga telah ditandatangani silang bersama IdenTrust DST Root X3 yang telah ada di Windows, MacOS, Android dan platform lainnya selama bertahun-tahun. 

Yang menjadi topik pembahasan adalah bahwa kerjasama antara Let’s Encrypt dengan IdenTrust akan berakhir pada 1 Januari 2021 mendatang. Dan pihaknya tidak berencana untuk melakukan kerjasama baru dengan otoritas digital lain. Dengan demikian, maka semua browser dan sistem operasi yang tidak memiliki sertifikasi Let’s Encrypt tidak lagi bisa digunakan mengakses situs dan layanan yang menggunakan sertifikasi tersebut. 

Dalam sebuah pengumuman resminya, perangkat yang paling berdampak karena kebijakan ini adalah Android versi 7.1 ke bawah. 

“Kebijakan ini menimbulkan sejumlah masalah kompatibilitas. Sejumlah software yang belum diupdate sejak tahun 2016 (ketika sertifikasi kami diterima oleh banyak program), tidak akan diterima oleh sertifikasi kami, ISRG Root X1. Terutama, terjadi pada perangkat Android versi 7.1 ke bawah. Dengan kata lain, sertifikasi versi lama yang ada di Android tersebut, tidak akan diterima oleh sistem keamanan milik kami,” ungkap pihak Let’s Encrypt.

Meski sebenarnya kontrak kerjasama tanda tangan silang ini berakhir pada bulan September, namun pihak Let’s Encrypt akan mulai mematikannya mulai tanggal 1 Januari 2021 mendatang. Untuk sejumlah situs memang masih bisa menggunakan sertifikasi tersebut, namun setidaknya hanya bisa valid sampai bulan September tahun depan.

Sejauh ini solusi yang bisa digunakan agar perangkat Android versi lama bisa digunakan mengakses situs di internet adalah dengan menggunakan browser Firefox, yang memiliki sertifikasi digital sendiri berbasis ISRG Root. Namun tidak menutup kemungkinan akan memunculkan masalah lain lagi, tergantung dari perangkat yang digunakan pengguna.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend