Tema Gelap Windows 10

Antarmuka Tema Gelap Windows 10 Akan Dijadikan Lebih Konsisten dan Menyatu

NESABAMEDIA.COMSalah satu pembaruan tampilan terbesar yang akan hadir di Windows 10 adalah yang berkode nama Sun Valley. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan ujung jendela tajam, mengenalkan antarmuka baru untuk komponen utama dan menawarkan antarmuka yang lebih konsisten di Windows 10, khususnya untuk tema gelap. 

Pekan lalu, nesabamedia.com telah menginformasikan bagaimana tampilan yang akan digunakan pada menu konteks modern di Windows 10, setelah mendapat dukungan WinUI dan tema dalam waktu dekat. Di saat yang sama, tema gelap bawaan untuk komponen lama diperkirakan juga akan mendapatkan dukungan tema yang lebih gelap lagi untuk membuat tampilan antarmuka menjadi lebih konsisten.

Selama bertahun-tahun tampilan antarmuka Windows 10 telah berada di antara tampilan metro dan komponen lama. Bagian Start Menu, Action Center, Taskbar dan bagian penting lainnya telah cukup gelap, namun sistem operasinya masih terlalu kontras dengan masih terdapat elemen putih seperti bagian menu konteks, menu pop-up, menu properties dan lainnya.

Berdasarkan laporan sumber yang ikut dalam pengembangan tersebut, Microsoft akhirnya mempertimbangkan penggunaan tema gelap untuk antarmuka lama untuk meningkatkan konsistensi ketika pengguna menerapkan tema gelap di Windows 10 mereka. 

Kemungkinan Microsoft juga tengah bereksperimen dengan variasi yang berbeda dari mode gelap sebagai usaha untuk membuat tampilan yang lebih menyatu. Sayangnya, sejauh ini masih belum ada tanda-tanda dukungan tema gelap untuk bagian lama di Preview Build. 

Windows 10 Ujung Membulat dan Tema Gelap

Windows 10 Ujung Membulat dan Tema Gelap

Gelombang perubahan Windows 10 akan dikenalkan dengan WinUI, yang merupakan platform UX yang dikelola dan dikirim secara terpisah dari sistem operasi. 

WinUI selama ini telah sering mendapatkan pembaruan dan tengah berfokus pada penggunaan ujung membulat dengan efek Fluent Design. Sebagai bagian dari WinUI, menu konteks modern yang ada di aplikasi UWP juga akan terlihat lebih baik dan mendapatkan dukungan ujung membulat. Microsoft juga akan membuat sejumlah perubahan ke bagian Action Center, mengambil ide antarmuka dari WinUI.

Laporan juga menyebutkan bahwa antarmuka baru Windows 10 kemungkinan akan dimunculkan dalam pembaruan Preview Build untuk musim semi ini dan perilisan ke publik kemungkinan akan dilakukan pada semester kedua tahun 2021. 

Leave a Reply

Send this to a friend