Microsoft AZURE IoT Edge Windows

Microsoft Rilis Pratinjau Azure IoT Edge Untuk Linux ke Windows

NESABAMEDIA.COMPekan lalu, Microsoft telah mengumumkan sebuah pratinjau dari Azure IoT Edge untuk Linux di perangkat Windows. Layanan tersebut memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk menjalankan mesin virtual Linux yang juga bisa bekerja dengan layanan berbasis Windows dan Azure. 

Konsep perangkat edge itu adalah sebuah langkah untuk menghadirkan komputasi dan penyimpanan lebih dekat ke perangkat Internet of Things (IoT) ke lapangan. Solusi open source Azure IoT Edge ditawarkan sebagai bagian dari layanan Azure IoT Hub, sebuah layanan dari Microsoft untuk menerapkan wadah Docker yang menjalankan layanan Azure atau layanan pihak ketiga untuk menangani lalu lintas perangkat tersebut. Microsoft menggunakan istilah modul untuk merujuk ke wadah Docker ini di Azure IoT Edge. 

Apa yang sekarang ditawarkan perusahaan asal Redmond tersebut dalam bentuk pratinjau ini adalah sebuah kemampuan untuk menjalankan wadah Linux dengan layanan Azure IoT Edge. Contohnya adalah sistem pengawasan kamera yang ditambah dengan penerapan teknologi machine learning melalui modul Linux.

Biasanya, dalam skenario seperti itu, organisasi atau perusahaan diharuskan menyiapkan server Linux sendiri. Kini dengan pratinjau, mereka bisa menerapkan Linux di Azure IoT Edge sebagai mesin atau modul virtual.

Kemampuan untuk menjalankan mesin virtual Linux di Azure IoT Edge terjadi karena Microsoft menggunakan varian Linux-nya sendiri yang disebut dengan CBL-Mariner. Microsoft juga diketahui memiliki solusi Linux lainnya, yang digunakan untuk hal-hal seperti Windows Subsystem for Linux (dibuat untuk Windows), SONiC dan Azure Sphere OS.

Dalam sebuah video IoT Show, Terry Warwick, Senior Program Manager di Windows IoT mengatakan bahwa perusahaan mengadopsi Azure IoT Edge untuk menjalankan modul Linux sebagian besar dikarenakan daya tariknya di pasar. 

Organisasi atau perusahaan kini bisa menjalankan Linux sebagai sistem operasi host secara langsung. Namun, ide di balik kemampuan Linux pada Windows di Azure IoT Edge yang disebut EFLOW adalah untuk memenuhi kebutuhan IT pelanggan. Staff IT mungkin lebih berpengetahuan tentang manajemen Windows dan kurang pengetahuan tentang server Linux, jadi EFLOW memudahkan untuk mengatasi masalah ini. EFLOW juga memungkinkan departemen IT untuk menghubungkan proses Windows dengan Linux. 

Leave a Reply

Send this to a friend