Apa itu Bahasa Pemrograman C++? Mengenal Bahasa Pemrograman C++

Apa itu Bahasa Pemrograman C++? Mengenal Bahasa Pemrograman C++

Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Bahasa pemrograman C++ merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa ini digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi. C++ juga merupakan pengembangan dari bahasa C.

Bahasa C++ juga dinamakan sebagai C with Classess. Hal ini karena terdapat perbedaan paling utama antara C dengan C++. Perbedaan tersebut terdapat pada dukungan pemrograman yang berbasis objek atau object oriented programming.

Bahasa pemrograman C++ telah mendukung pemrograman yang berbasis objek yang tidak Anda temukan pada bahasa pemrograman C. Selain itu, C++ juga termasuk ke dalam general purpose programming language, yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi seperti aplikasi pengolah gambar, antivirus, aplikasi pengolah kata, dan lain sebagainya sampai dengan mampu digunakann untuk membuat compiler dari bahasa pemrograman yang lainnya.

Sejarah Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ pertama kali dirilis pada tahun 1979. Seseorang yang berjasa dalam memperkenalkan bahasa ini adalah Bjarne Stroustrup yagn merupakan seorang komputer dari Denmark. Pengembangan bahasa C++ bermula dari penelitian tesis Phd yang dulu pernah dikerjakan oleh Stroustrup. Pada waktu itu, Stroustrup memiliki ketertarikan terhadap bahasa Simula yang memang pada waktu itu sangat mudah dipakai dalam membuat aplikasi berskala besar.

Varian dari Simula yaitu Simula 67 telah dianggap sebagai bahasa pemrograman pertama yang berhasil menerapkan sebuah bahasa pemrograman yang berbasis objek. Meskipun begitu, pada kenyataannya bahasa Simula masih dianggap terlalu lambat di dalam penggunaan sehari-hari. Sementara itu, terdapat juga bahasa pemrograman yang bernama BCPL yang diketahui lebih cepat namun ternyata kurang sesuai jika digunakan untuk pembuatan aplikasi dalam skala besar.

Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Pada saat bekerja di laboratorium perusahaan bernama AT & T Ball Labs, Stroustrup mengalami masalah di dalam pengembangan OS UNIX. Kemudian di teringat tentang tesis yang pernah dikerjakannya dan ingin menerapkan bahasa C. Alasan pemilihan bahasa pemrograman C karena pada waktu itu bahasa C sudah cukup populer. Selain itu, bahasa C juga mampu dieksekusi dengan lebih cepat. Terlebih lagi sistem operasi UNIX dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C.

Kemudian pada tahun 1982, Bjarne Stroustrup menambahkan beberapa fitur baru ke bahasa pemrograman C. Terutama memberikan dukungan class. Dengan begitu, bahasa C mampu menggunakan paradigma bahasa pemrograman berbasis objek. Di dalam pengerjaannya, Bjarne Stroustrup terinspirasi oleh beberapa bahasa pemrograman seperti Simula, CLU, ALGOL 68, Ada, dan juga ML. Kemudian terciptalah sebuah bahasa pemrograman baru yang dinamakan C++.

Penambahan “++” berasal dari sebuah operator increment “++”. Operator ini dapat digunakan di dalam bahasa pemrograman untuk membantu membuat nilai variabel naik 1 angka. Itu artinya, bahasa pemrograman C++ merupakan penambahan atau pengembangan dari bahasa pemrograman C.

Leave a Reply

Send this to a friend