Pengertian UNIX Beserta Sejarah, Ciri-Ciri dan Contoh OS yang Menggunakan Sistem UNIX

Suatu OS atau sistem operasi memegang peranan sangat penting dalam suatu komputer. Sebagai suatu software sistem operasi seakan menjadi wadah untuk mengatur keberadaan software atau aplikasi dan komponen hardware yang ada dalam komputer. Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian UNIX beserta sejarah singkat bagaimana sistem operasi ini terbentuk.

Tidak seperti Windows atau Linux yang lebih banyak diketahui oleh masyarakat umum, keberadaan UNIX ini seakan masih sedikit yang menyadarinya. Padahal sistem operasi Linux pada dasarnya mengadopsi UNIX dalam proses pembuatannya. Selain Linux sebenarnya masih banyak jenis – jenis sistem operasi lain yang mengadopsi UNIX. Banyak pihak yang memang tertarik mengembangkan UNIX dengan cara kerja yang pastinya berbeda juga.

Pengertian UNIX

pengertian UNIX

Unix atau UNIX merupakan sebuah sistem operasi (OS) yang dikembangkan pada tahun 1965 melalui project sebelumnya yang bernama Multiplexed Information and Computing Service atau disingkat Multics dengan harapan UNIX ini menjadi sistem operasi yang dapat melakukan multitasking, portable dan dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna (multiuser). Project ini dibiayai sepenuhnya oleh Departemen Pertahanan Amerika (DARPA).

Kebanyakan pengguna menginginkan penggunaan sistem operasi UNIX sebagai komputer server dan workstation. Hal ini dikarenakan ciri khas dari UNIX yang portabel, multiuser serta multitasking bagi para penggunanya. Maksud dari server merupakan sistem komputer yang menangani beberapa komputer lain, bisa dalam bentuk jaringan ethernet maupun internet.

Namun dalam penggunaannya sebagai workstation saat ini cukup jarang ditemui karena harganya yang cukup mahal. Sebenarnya selain UNIX masih ada juga Windows Server yang tidak kalah kinerjanya, namun dalam segi keaandalan dan efektifitas UNIX masih lebih baik karena selalu mengalami perkembangan, contohnya adalah GNU/Linux. Dalam artikel kali ini kami akan lebih menekankan pembahasan ke arah pengertian dari UNIX itu sendiri beserta ciri – cirinya serta sejarah perkembangan.

Sejarah UNIX

Sejarah UNIX dan Ciri-ciri UNIX

Ken Thompson dan Dennis Ritchie

Sudah sempat dibahas sebelumnya bahwa kemunculan UNIX sebenarnya diawali dari suatu project yang bernama MULTICS. Namun karena adanya keterlambatan pada tahun 1969, project ini dihentikan ketika dianggap sudah tidak bisa diselesaikan tepat waktu. Namun di tahun yang sama dua peneliti MULTICS yang bernama Ken Thompson dan Dennis Ritchie berencana untuk melanjutkan project MUTICS yang terhenti dan diganti dengan nama UNIX.

Pada tahun 1973 sistem operasi UNIX ditulis ulang menggunakan bahasa C oleh Dennis Ritchie. Sekedar info bahwa bahasa C merupakan bahasa pemrograman pertama yang diakui dan sampai saat ini pun masih digunakan. Di tahun – tahun berikutnya banyak dilakukan penambahan fitur dengan tujuan semakin menyempurnakan sistem operasi UNIX. Hingga pada akhirnya AT&T meluncurkan sistem operasi UNIX yang bersifat komersial dengan nama UNIX System V.

Ciri – ciri sistem operasi UNIX

Setiap sistem operasi pastinya memiliki ciri – ciri yang berbeda mengingat perusahaan pengembangnya juga berbeda. Pada sistem operasi UNIX anda dapat menemukan ciri – ciri yang sekaligus menjadi pembeda dengan sistem operasi lain seperti Windows ataupun MacOS.

Contoh UNIX

Tampilan pada sistem UNIX versi 7

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem operasi UNIX ini tergolong multiuser dan multitasking. Maksud dari multiuser adalah memungkinkan bagi beberapa pengguna untuk menggunakannya dalam waktu bersamaan. Sedangkan multitasking adalah tersedianya fitur untuk menjalankan suatu proses atau program dalam waktu yang bersama pula.

Selain itu sistem operasi UNIX ini juga tergolong portable, hal ini memungkinkan anda dapat menjalankan ke sistem komputer lain dan bahkan pada semua jenis komputer. Kemudahan lain yang bisa didapatkan para pengguna sistem operasi UNIX adalah ketika mengakses dan mengorganisasi setiap informasi/data yang dimiliki. Selain itu terdapat fungsi utilitas yakni penyesuaian program dengan setiap kebutuhan atau keinginan pengguna.

Contoh sistem operasi UNIX

Jika sebelumnya kami membahas sejarah perkembangan UNIX, maka kali ini kami akan mengulas contoh – contoh sistem operasi UNIX yang telah dikembangkan. Dengan adanya dorongan kebutuhan teknologi yang semakin besar maka sistem operasi UNIX memang mengalami peningkatan atau perkembangan. Hal ini juga mendorong banyaknya bermunculan sistem operasi baru yang sebenarnya didasari dari UNIX itu sendiri namun ditambahkan beberapa fitur dan teknologi tertentu dari masing – masing pengembang. Hal ini dilakukan agar kinerja suatu sistem operasi bisa semakin kuat dan andal dengan masing – masing fungsi dan tujuan pembuatannya.

Terdapat kurang lebih 40 software atau sistem operasi sampai saat ini yang dikembangkan oleh suatu organisasi atau pengembang dengan dasar sistem operasi UNIX. Mulai dari A/UX dan DOMAIN/X yang dikembangkan oleh Apple Computer hingga nama – nama yang cukup sering ditemui seperti BSD UNIX dengan pihak pengembang Universitas California (University of California) Berkeley, Amerika Serikat dan GNU/LINUX yang dikembangkan oleh Free Software Foundation. Secara keseluruhan contoh sistem operasi yang mengadopsi UNIX dalam hal pembuatan serta cara kerjanya dapat anda lihat pada tabel berikut ini:

Pengertian UNIX

Daftar sistem operasi yang mengadopsi UNIX

Dari kesemua sistem operasi tersebut mungkin yang paling sering ditemui adalah Linux karena fungsinya yang memang sangatlah penting sebagai server ataupun sebagai alternatif windows. Itulah pembahasan mengenai pengertian UNIX beserta sejarah UNIX, ciri-ciri UNIX dan contoh-contoh sistem operasi lain yang menggunakan sistem UNIX.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply