Apa itu Chromecast

Apa itu Chromecast? Mengenal Pengertian Chromecast

Pernah mendengar kata Chromecast? Lalu apa itu Chromecast? Chromecast adalah sebuah adapter atau  yang juga dinamakan dongle HDMI yang biasa dipakai pada HDTV. Adapter ini dibuat oleh Google yang memiliki fungsi utama yaitu untuk keperluan streaming  music maupun video melalui internet. Dengan kata lain, ketika Anda ingin menggunakan Chromecast maka pastikan saat ini perangkat Anda terkoneksi ke jaringan internet.

Pada dasarnya, dengan adanya Chromecast ini maka Anda bisa membuat sebuah HDTV menjadi TV Pintar atau Smart TV. Chromecast berperan sebagai penerima atau receiver yang tidak memiliki navigasinya sendiri. Maka dari itu, alat ini bekerja sesuai  dengan perintah yang diberikan melalui komputer maupun laptop yang menggunakan browser. Browser yang digunakan adalah Google Chrome.

Sementara itu, untuk perangkat mobile seperti iPhone, smartphone Android, tablet, dan iPad menggunakan sebuah aplikasi Chromecast yang bisa didownload baik melalui Play Store maupun App Store. Itu artinya, Chromecast dapat bekerja baik untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows, Android, maupun iOS. Namun sekali lagi Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda tersebut sedang terkoneksi ke jaringan internet.

Fungsi Chromecast

Mengenal Pengertian Chromecast

Perlu Anda ketahui bahwa Chromecast mempunyai 3 fungsi yang dinamakan casting. Ketiga fungsi tersebut adalah App Casting, Tab Casting, dan Screen Casting. Penjelasan mengenai ketiga fungsi tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

1. App Casting atau Google Cast Ready

Pada sebuah App Casting, fungsi yang dimiliki oleh Chromecast tidak jauh berbeda dengan media player. Namun fungsi ini hanya terbatas pada layanan situs streaming baik itu video maupun musik.

Sebuah situs streaming yang sudah mendukung Chromecast nantinya akan memiliki tombol Cast. Setelah Anda menentukan video yang akan ditonton, maka Anda hanya perlu menekan tombol Cast yang terdapat di website maupun aplikasi. Kemudian video tersebut akan secara otomatis dimainkan di HDTV.

2. Tab Casting atau Chrome Tab Casting

Sebelumnya mungkin Anda sudah terbiasa menjelajah internet menggunakan browser Google Chrome di laptp maupun komputer. Pada aplikasi Chrome terdapat tab yang memiliki fungsi untuk menampilkan halaman yang berbeda. Masing-masing dari tab tersebut nanti bisa diteruskan oleh Chromecast dongle untuk kemudian ke HDTV. Dengan begitu, Anda juga bisa menjelajah internet melalui HDTV.

Untuk bisa menggunakannya, maka Anda harus menginstal Google Cast Extension pada Chrome. Namun ingat bahwa ektensi ini hanya untuk browser Google Chrome di perangkat komputer atau laptop. Setelah itu, Anda tinggal menambahkannya untuk menjadi ekstensi browser Anda.

3. Screen Casting atau Screen Mirroring

Fitur terbaru dari Chromecast memungkinkan Anda untuk melakukan screen mirroring. Chromecast bisa digunakan untuk menampilkan layar Android ke HDTV. Akan tetapi, fitur ini diketahui masih terbatas untuk perangkat Android. Jika Anda belum bisa menggunakan fitur yang satu ini, kemungkinan Anda perlu melakukan update Chromecast Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend