Apa Itu Clock Speed? Mengenal Pengertian Clock Speed pada Prosesor

Apa Itu Clock Speed? Mengenal Pengertian Clock Speed pada Prosesor

Untuk mendapatkan gambaran mengenai seberapa cepatnya sebuah komputer, kita bisa mengetahuinya dari spesifikasi komponen-komponen hardware yang terdapat di dalam komputer. Salah satu spesifikasi yang biasanya dicek terkait dengan kecepatan komputer adalah spesifikasi clock speed pada CPU. Apa itu clock speed?

Mengenal Apa Itu Clock Speed 

Clock speed adalah kecepatan prosesor yang diukur dari banyaknya jumlah siklus yang bisa dieksekusi setiap detik. Satuan yang digunakan untuk menyatakan frekuensi siklus ini adalah hertz, kilohertz, megahertz, dan gigahertz.

Generasi pertama komputer menggunakan hertz (Hz) dan kilohertz (kHz), generasi selanjutnya menggunakan megahertz (MHz), dan generasi modern saat ini menggunakan gigahertz (GHz).

1 hertz sama dengan 1 siklus per detik, 1 kilohertz sama dengan 1000 siklus per detik, 1 MHz sama dengan 1 juta siklus per detik, dan 1 GHz sama dengan 1000 juta siklus per detik.

Secara logika, makin tinggi angka clock speed, seharusnya makin bagus pula performa prosesor, tapi kondisi ini hanya berlaku dengan asumsi bahwa semua faktor selain clock speed adalah sama (arsitektur CPU sama, jumlah core sama, dan seterusnya).

Clock Speed Lebih Tinggi Belum Tentu Lebih Baik

Mengenal Pengertian Clock Speed pada Prosesor

CPU yang memiliki clock speed lebih rendah belum tentu kecepatannya dalam memproses data lebih buruk daripada CPU dengan clock speed yang lebih tinggi.

Pasalnya, selain jumlah siklus per detik, yang juga perlu diperhatikan adalah seberapa banyak instruksi yang bisa dieksekusi oleh sebuah prosesor dalam setiap siklus. Hal ini terkait dengan efisiensi prosesor dalam menangani instruksi.

Clock speed yang lebih rendah tapi setiap siklusnya mampu mengeksekusi lebih banyak instruksi justru lebih bagus. Mengapa demikian? Karena jumlah siklusnya lebih sedikit, maka tenaga yang dibutuhkan prosesor untuk menjalankan tugasnya pun juga ikut berkurang. Prosesor pun lebih hemat daya dan tidak mudah panas.

Clock Speed Disesuaikan Secara Otomatis

Mengenal Apa Itu Clock Speed

Makin tinggi clock speed, makin besar daya listrik yang dibutuhkan, dan makin tinggi panas yang dihasilkan. Untungnya, CPU modern sudah menggunakan algoritma pintar yang mampu menyesuaikan clock speed secara otomatis sehingga CPU tidak terus-menerus bekerja pada kecepatan tinggi.

Ketika komputer hanya digunakan untuk keperluan ringan seperti menulis artikel di Wordpad, CPU bekerja pada kecepatan rendah untuk mencegah panas dan mengurangi konsumsi daya listrik. Ketika komputer digunakan untuk bermain game, clock speed akan naik dengan sendirinya untuk memenuhi kebutuhan resource gaming yang besar.

Clock Speed Bukan Segalanya

Clock speed merupakan indikator yang signifikan dalam menilai kecepatan sebuah komputer, tapi masih ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan seperti jumlah core CPU, memori cache CPU, mekanisme pendinginan CPU, arsitektur CPU, kapasitas RAM, SSD atau HDD, dan graphics card. Sebuah komputer yang memiliki CPU dengan clock speed lebih rendah tapi menggunakan SSD bisa saja lebih cepat daripada komputer yang memiliki CPU lebih baik tapi menggunakan HDD.

Leave a Reply

Send this to a friend