Apa Itu Google Slide? Mengenal Pengertian Google Slide

Apa Itu Google Slide? Mengenal Pengertian Google Slide

Selama ini Google dikenal luas karena layanan search engine dan email yang disediakannya secara cuma-cuma. Di samping itu Google juga menyediakan berbagai fasilitas lain yang sama bagusnya, termasuk Google Slide yang menjadi bagian dari sebuah office suite.

Tidak ada pungutan biaya apa pun untuk menggunakan Google Slide. Kalau anda sudah memiliki akun Google, Google Slide sudah bisa langsung digunakan.

Bagi yang masih belum tahu, Google Slide adalah salah satu layanan gratis Google yang berbasis cloud untuk membuat slide presentasi. Pada dasarnya sama seperti Microsoft Powerpoint tapi anda tidak perlu membeli dan menginstall software karena proses pembuatan slide bisa langsung dilakukan di dalam browser. Slide yang sudah jadi pun bisa disimpan secara online.

Apa Itu Google Slide?

Google Slide terintegrasi dengan Google Drive, jadi semua file akan langsung tersimpan di layanan cloud storage tersebut. Penyimpanan dilakukan secara otomatis pada saat slide sedang diedit. Meskipun disimpan ke Google Drive, file tetap bisa diakses melalui Google Slide tanpa harus mengunjungi Google Drive terlebih dulu.

Setiap slide yang sudah anda buat, baik yang sudah jadi maupun yang sedang dalam proses, akan muncul di halaman depan Google Slide secara rapi dalam bentuk thumbnail.

Di dalam Google Slide sudah tersedia beberapa template gratis untuk membuat slide. Template dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu template untuk keperluan pribadi, pendidikan, dan kantor. Template-template presentasi lain yang juga sama gratisnya bisa anda cari di internet.

Untuk menggunakan template, anda hanya perlu memilih yang paling sesuai dengan tema slide. Begitu template anda klik, jendela pengeditan slide akan muncul dengan template yang sudah terpasang.

Pengertian Google Slide Adalah

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari menggunakan Google Slide. Yang pertama, semua serba gratis. Anda bahkan mendapatkan kapasitas penyimpanan berbasis cloud sebesar 15 GB.

Yang kedua, slide bisa dikerjakan secara kolaboratif bersama dengan anggota kelompok. Masing-masing anggota juga bisa diberi hak akses yang berbeda. Hak akses yang tersedia antara lain editor, viewer, dan commenter. Dengan begitu slide bisa didiskusikan kapan saja melalui koneksi internet. Opsi lain yang juga bisa anda ambil adalah membagikan slide dengan siapa saja melalui sebuah link.

Yang ketiga, fitur revision history memungkinkan anda untuk kembali ke desain slide yang sebelumnya seandainya terjadi kesalahan dalam pengeditan. Setiap revisi bisa diberi nama yang berbeda untuk mempermudah pencarian ketika dibutuhkan.

Yang terakhir, slide presentasi yang sudah selesai diedit bisa ditampilkan di website anda. Dari awal pengeditan sampai tahap pemasangan slide ini, tidak ada biaya yang harus anda keluarkan selain biaya koneksi internet. Pendek kata, Google Slide merupakan solusi presentasi yang mudah dan irit biaya.

Leave a Reply

Send this to a friend