• Our Partners:

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Android

Begini Cara Share File Di Google Drive Android (Untuk Pemula)

Pernah menggunakan Google Drive Android? Berapa lama anda sudah menggunakan aplikasi ini? Google Drive sudah memiliki pengguna yang sangat banyak yang tersebar di seluruh dunia.

Aplikasi yang tergolong cloud server ini menawarkan banyak kelebihan meskipun juga ada banyak aplikasi cloud server lainnya. Meskipun begitu, sampai sekarang pun Google Drive masih memiliki banyak peminat dan sepertinya posisinya memang tidak bisa digeser sekalipun aplikasi lainnya yang memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya.

Cara Share File di  Google Drive Android

Google Drive juga menyediakan banyak fitur menarik yang semakin mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Salah satu fitur yang tersedia adaalah fitur berbagi file atau Share File.

Fitur ini memungkinan pengguna berbagi file apapun dengan mudah dan cepat. Anda bisa membagikan file apapun dengan orang lain yang sama-sama sudah memiliki Google Drive.

Adapun langkah-langkah cara share file di Google Drive Android yang harus anda lakukan akan kami jelaskan seperti berikut ini:

1. Buka aplikasi Google Drive pada HP anda.

Cara Share File Di Google Drive Android 1

2. Pilih file yang ingin anda share kemudian klik titik tiga yang ditunjuk tanda panah.

Pilih File yang Ingin Dishare

3. Kemudian pilih Link sharing off.

Klik Share Link Google Drive

4. Link sharing file tersebut sudah berhasil dibuat + dicopy.

Share File Di Google Drive Android 4

5. Setelah itu bagikan link sharing file tersebut.

Share File Di Google Drive Android 5

Alasan Menggunakan Google Drive

1. Mudah Melakukan Sinkron

Alasan menggunakan Google Drive yang pertama adalah karena proses sinkronisasi yang tidak sulit. Sistem operasi android sekarang sudah menjadi salah satu OS hp yang terkenal.

Hal ini membuat Google semakin mudah di dalam memperkenalkan produk andalannya. Salah satunya adalah Google Drive. Para pengguna akan diberikan kemudahan di dalam proses sinkronisasi Google Drive tanpa perlu melakukan langkah-langkah yang rumit.

Para pengguna hanya perlu menunggu selama beberapa saat sampai proses sinkronisasi selesai. Pengguna cukup login menggunakan akun Google mereka dan bisa langsung melakukan proses sinkronisasi. Untuk prosesnya sendiri tidak terlalu lama meskipun juga bergantung pada koneksi internet serta banyaknya data yang perlu disinkronkan.

2. Menyediakan Penyimpanan yang Besar

Mungkin alasan kedua ini merupakan alasan anda mengapa menggunakan Google Drive. Aplikasi ini menyediakan penyimpanan berkapasitas besar, sekalipun untuk pengguna yang menikmatinya secara gratis.

Mereka akan menerima kapasitas sebesar 15 GB yang mana jumlah tesebut sudah sangat besar untuk cloud server gratis. Anda juga bisa menambah kapasitas tersebut namun harus mengeluarkan biaya tertentu.

Sebagai catatan, Drop Box hanya menyediakan kapasitas penyimpanan sebesesar 2 GB. Kemudian OneDrive menyediakan penyimpanan berkapasitas 7 GB. Dengan kapasitas yang dimiliki oleh Google Drive yang jumlahnya bahkan dua kali lipat dari OneDrive, membuat banyak orang lebih menggunakannya dibandingkan aplikasi yang lain.

3. Support Penyimpanan File Segala Format

Kelebihan Google Drive yang juga perlu anda ketahui adalah aplikasi cloud server ini mampu menyimpan berbagai macam file.

Anda bisa menyimpan foto, video, audio, teks, dan bahkan file koding dengan mudah. Kelebihan inilah yang semakin mempermudah pengguna ketika mereka hendak menyimpan file tanpa perlu ragu apakah file tersebut support dengan Google Drive atau tidak.

4. Bisa Untuk Backup Data

Google Drive menawarkan pengaturan yang bisa anda gunakan untuk backup data. Jadi, ketika anda mengambil foto di smartphone, maka otomatis foto tersebut akan langsung tersimpan di Google Drive. Selain itu, Google Drive juga bisa digunakan untuk membackup data pada WhatsApp dengan mudah. Pesan-pesan atau data-data penting anda tidak perlu khawatir karena tidak akan hilang.

Semoga tutorial cara share file di Google Drive Android diatas mudah dipahami. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend