• Our Partners:

Cara Share File Di Google Drive Android

Begini Cara Menyimpan Foto di Google Drive Android dengan Mudah

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Android – Saat ini kemajuan teknologi media penyimpanan sudah semakin cepat. Jika sebelumnya anda hanya bisa menyimpan file di media penyimpanan seperti harddisk dan flahdisk, namun sekarang anda bisa menyimpannya secara online.

Penyimpanan online tersebut dikenal dengan istilah cloud. Sudah ada beberapa aplikasi penyimpanan berbasis cloud yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah Google Drive.

Dari namanya pasti anda tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Bahkan smartphone anda pun sudah menjadikan Google Drive sebagai salah satu aplikasi bawaan, terutama yang menggunakan OS Android.

Perangkat lunak cloud server ini menjadi aplikasi penyimpanan yang sangat terkenal. Sebenarnya ada beberapa aplikasi seperti Google Drive yang juga cukup terkenal, seperti Dropbox dan OneDrive. Namun tetap saja Google Drive menjadi yang teratas sehingga banyak orang yang tetap menggunakannya dan mungkin sekarang penggunanya juga semakin banyak.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Android

Di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara menyimpan foto di Google Drive Android dengan mudah. Cara ini akan sangat membantu agar foto yang anda simpan di smartphone tidak hilang. Cara ini sangat bermanfaat, terutama untuk anda yang khawatir foto-foto penting anda hilang.

1. Buka aplikasi Galeri HP anda.

Menyimpan Foto Di Google Drive Android 1

2. Setelah itu pilih foto mana saja yang ingin anda simpan di Google Drive. Lalu klik tombol Share.

Foto yang Dipilih

3. Setelah itu anda pilih Save to Drive.

Pilih Google Drive

4. Pada opsi Account, anda bisa memilih akun Google Drive mana yang ingin anda gunakan. Dan pada opsi Folder, anda juga bisa memilih folder mana yang ingin anda gunakan untuk menyimpan foto-foto tersebut. Kemudian pilih Save.

Cara Menyimpan Foto Di Google Drive Android

5. Ketika anda membuka aplikasi Google Drive, anda akan melihat proses upload yang sedang berlangsung. Tunggu sampai selesai dan foto-foto tersebut akan tersimpan di Google Drive.

Cara Menyimpan Foto Di Google Drive Android

Fitur yang Dimiliki Google Drive

Google Drive memiliki beberapa fitur menarik yang harus anda ketahui. Apa saja fitur tersebut? Silahkan simak baik-baik penjelasan di bawah ini:

1. Terhubung dengan Layanan yang Lain

Seperti yang sudah kami terangkan sebelumnya bahwa Google Drive sudah terhubung dengan layanan lainnya yang dimiliki oleh Google. Beberapa layanan seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slide sudah bisa terhubung dengan Google Drive. File yang telah anda buat pun nanti masih bisa anda edit dengan mudah menggunakan beberapa layanan tersebut.

2. Penyimpanan yang Besar

Fitur kedua yang dimiliki oleh Google Drive adalah aplikasi ini memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Ukurannya bahkan dua kali lipat dibandingkan OneDrive yang hanya menyediakan 7 GB.

Pada Google Drive, pengguna gratis akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB. Nantinya kapasitas tersebut masih bisa diperbesar lagi jika anda ingin menjadi user berbayar. Untuk biayanya pun tergantung berapa besar kapasitas yang anda inginkan.

3. Sharing  dengan Mudah

Dengan menggunakan Google Drive, anda bisa dengan mudah berbagi file yang anda inginkan. Fitur berbagi file ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat serta tidak terbatas jarak.

Anda juga dapat memberikan hak kepada pengguna lain ketika mereka ingin melihat maupun mengedit konten yang anda bagi. Jadi, kegunaan Google Drive bisa untuk kerja tim tanpa terbatas oleh jarak.

4. Sinkronisasi dan Backup yang Mudah

Google Drive juga menawarkan fitur yang tidak kalah menarik. Fitur tersebut adalah fitur sinkronisasi dimana anda bisa mensinkronkan data dengan mudah.

Prosesnya pun terbilang cepat meskipun menyesuaikan dengan banyaknya file yang disinkronkan serta koneksi internet anda. Google Drive juga bisa langsung membackup file anda dengan muda. Misalnya, ketika anda mengambil foto, maka otomatis foto tersebut akan terbackup oleh Google Drive sehingga tidak hilang.

Seperti itulah cara menyimpan foto di Google Drive Android dengan mudah. Dengan adanya Google Drive, anda bisa menyimpan file apapun termasuk foto dan video anda ke penyimpanan cloud sehingga lebih aman dan mudah diakses.

Leave a Reply

Send this to a friend