Chip Prosesor Pluton Microsoft Windows 10

Pluton, Chip Buatan Microsoft Dengan Keamanan Tingkat Tinggi Untuk Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengumumkan produk terbaru mereka yang bernama Pluton. Pluton ini sendiri merupakan chip prosesor yang akan hadir secara terpisah dari CPU utama yang akan tersedia untuk perangkat PC dengan sistem operasi Windows 10.

Chip prosesor Pluton ini didesain secara khusus oleh Microsoft untuk meningkatkan perlindungan akan serangan fisik dan mencegah peretas untuk mencuri data-data penting milik pengguna dan malware yang bisa melakukan enkripsi tertentu, seperti ransomware. Chip ini juga diklaim bisa membantu sistem untuk melakukan recovery atau penyembuhan dari adanya bug yang berasal dari software.

Jadi pada dasarnya, chip Pluton ini adalah sebuah Trusted Platform Module (TPM) yang diisolasi menyendiri atau terpisah dari sistem lainnya untuk membantu melindungi kunci enkripsi dari serangan pada proses eksekusi secara spekulatif di CPU. 

Pihak Microsoft menjanjikan bahwa Pluton akan mempermudah proses pembaruan firmware sistem, misalnya ketika firmware TPM untuk keamanan prosesor yang terpisah sedang dibutuhkan. 

Alur Kerja Chip Pluton Microsoft

Alur Kerja Chip Pluton Microsoft

Dalam kasus untuk prosesor Intel, chip Pluton akan dirilis untuk prosesor yang akan datang namun diisolasi secara terpisah dari core milik Intel. Sayangnya untuk saat ini masih belum diketahui hadirnya prosesor buatan Intel nantinya yang berisi chip Pluton buatan Microsoft itu.

Microsoft menambahkan penjelasan bahwa chip Pluton akan mendapatkan pembaruan yang dirilis bersamaan atau terintegrasi dengan pembaruan Windows 10. Jadi bisa dibilang jika chip ini merupakan sebuah platform yang bisa diperbarui untuk menjalankan firmware yang menerapkan keamanan dengan sistem end-to-end yang dibuat, dipelihara, dan diperbarui oleh Microsoft.

Pembaruan firmwarenya ini juga akan mengikuti proses yang ada pada layanan keamanan Azure Sphere untuk terhubung ke perangkat IoT. 

Pihak Microsoft juga menginformasikan bahwa sebenarnya desain dari chip Pluton ini dulunya diperkenalkan sebagai bagian dari hardware yang terintegrasi dan keamanan sistem operasi di konsol Xbox One dengan chip AMD yang dirilis pada tahun 2013, dan juga terdapat dalam Azure Sphere.

“Yang menjadi pertanyaan kami adalah bagaimana caranya membuat PC seaman mungkin, dengan memanfaatkan kecanggihan hardware milik Intel dan lainnya, yang bisa terintegrasi dengan sistem operasi. Hal ini tentunya adalah sebuah evolusi masa depan,” kata David Weston, dari tim keamanan Microsoft.

Kedepannya, Microsoft akan menghadirkan chip Pluton ini untuk AMD dan juga Qualcomm.  

Leave a Reply

Send this to a friend