Project X Cloud di Windows 10

Project xCloud Untuk Windows Mungkin Akan Mendukung Perangkat ARM

NESABAMEDIA.COMAdalah sebuah hal yang ironis, ketika platform streaming Project xCloud milik Microsoft justru belum mendukung untuk sistem operasi mereka sendiri, yakni Windows 10. Di saat yang bersamaan, mungkin akan cukup masuk akal jika platform streaming itu bisa berjalan dengan baik di smartphone, maka tentunya juga bisa berjalan sangat baik untuk komputer dengan spesifikasi yang lebih powerful.

Waktu untuk perangkat Windows 10 yang mendukung untuk Project xCloud mungkin sudah sangat dekat, dan ketika itu terjadi, bahkan mungkin juga akan mendukung untuk sejumlah kecil perangkat Windows 10 berbasis ARM di hari pertamanya. 

Microsoft sendiri tampaknya juga tidak terlalu banyak bicara soal rencana expansi Project xCloud selain untuk perangkat Android. Namun sebuah informasi dari sumber terpercaya menyebutkan jika pihak Microsoft tengah melakukan uji coba secara internal akan rencana ekspansi itu.

Narasumber diketahui menggunakan perangkat Surface Pro X, yang didukung oleh chip ARM hasil kustomisasi Microsoft bernama SQ1, yang merupakan pengembangan dari Snapdragon 8cx milik Qualcomm. Hal ini menyiratkan bahwa ketika Project xCloud dirilis untuk Windows 10, maka juga bisa mendukung sistem operasi Windows 10 lainnya pada perangkat ARM seperti HP, ASUS, dan juga Lenovo.

Jadi dengan demikian, layanan game streaming Xbox ini pada dasarnya tidak bergantung pada perangkat keras, yang menjadi poin keseluruhan dari sebuah perangkat. Namun lebih bergantung pada koneksi internet yang baik, meski uji coba yang dilakukan itu menggunakan jaringan internet dengan kecepatan 200MB, yang biasa untuk digunakan di rumah-rumah. Termasuk router yang juga mendukung tentunya.

Dari pengujian itu juga ditemukan fakta bahwa kemungkinan besar layanan game streaming Project xCloud akan dirilis sebagai bagian dari Xbox App di Windows 10, daripada sebagai layanan atau perangkat terpisah. 

Namun meski demikian, karena uji coba itu merupakan uji coba yang dilakukan individu personal dan tidak resmi, mungkin hasil finalnya akan memiliki sejumlah perbedaan dari interface mirip Android yang ada saat ini. Termasuk juga soal fitur yang kemungkinan bakal lebih banyak atau justru malah lebih sedikit.

Leave a Reply

Send this to a friend