IDE (Integrated Development Environment)

Apa Itu IDE? Mengenal IDE (Integrated Development Environment)

Dalam pemrograman, menulis kode adalah tahapan penting yang tidak bisa dihindari. Untuk mempermudah prosesnya, programmer yang sudah mahir pun membutuhkan software khusus yang sekiranya bisa menghemat waktu.

Sebagian programmer memilih menggunakan text editor dan menginstall berbagai plugin secara manual untuk memperoleh fitur-fitur spesifik yang mereka butuhkan, sedangkan sebagian lainnya memilih IDE.

Mengenal Apa Itu IDE dalam Programming

Mengenal Apa Itu IDESeperti banyak istilah komputer lainnya yang sudah diterjemahkan, terjemahan dari Integrated Development Environment terkesan janggal dan malah membingungkan sehingga kebanyakan pengguna tetap menggunakan istilah ini secara apa adanya.

IDE adalah software khusus yang menyediakan beragam fitur untuk mengembangkan software. IDE tak ubahnya seperti sebuah ruang kerja yang didalamnya tersedia peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Kata “Environment” dan “Integrated” menunjukkan bahwa IDE menyediakan segala sesuatu yang biasanya dibutuhkan oleh programmer untuk mengubah kode menjadi sebuah program final yang berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa komponen yang umum dijumpai pada IDE adalah source code editor, compiler atau interpreter, dan debugger.

Source code editor di dalam IDE berfungsi sebagai area untuk menulis dan mengedit kode. Tersedia aneka fitur penunjang seperti auto completion untuk menghemat waktu saat menulis kode, bracket matching untuk menandai awal dan akhir dari sebuah blok kode, syntax error checking untuk mendeteksi dan memberitahu kesalahan dalam penulisan kode, dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan compiler berfungsi untuk mengubah source code menjadi program yang dapat dieksekusi oleh komputer, dan debugger berfungsi untuk membantu programmer dalam menemukan dan mengatasi bug.

IDE (Integrated Development Environment)

Sebagian IDE berlisensi open source, sebagian lagi ditawarkan dalam harga tertentu. Ada IDE yang mendukung beberapa bahasa pemrograman sekaligus, ada pula IDE yang dikhususkan untuk satu bahasa pemrograman. Berikut ini adalah beberapa IDE yang bisa anda coba.

1. Netbeans

Netbeans adalah IDE yang ditulis dalam Java, lintas platform, open source, sama bagusnya seperti Eclipse tapi relatif lebih mudah untuk digunakan, dan mendukung Java serta bahasa lain seperti PHP, C/C++, HTML, JSP, XML, Groovy, dan Javascript.

2. Android Studio

Android Studio adalah IDE yang dirancang untuk pemrograman aplikasi-aplikasi mobile yang berjalan pada platform Android.

3. AWS Cloud9

AWS Cloud9 merupakan IDE berbasis cloud yang bisa diakses melalui browser dan mendukung puluhan bahasa, termasuk diantaranya adalah Python, Ruby, Node.js, dan PHP. AWS Cloud9 menyediakan fitur kolaborasi yang memungkinkan developer untuk melihat apa yang sedang dikerjakan oleh anggota tim lainnya dalam mengembangkan sebuah software.

Selain ketiga IDE di atas, masih banyak IDE lainnya. Untuk menemukan IDE yang paling memenuhi selera dan kebutuhan, anda bisa membaca berbagai review yang tersebar di internet atau bertanya di forum-forum online yang membahas pemrograman.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend