Apa Itu Sensor? Mengenal Pengertian Sensor

Apa Itu Sensor? Mengenal Pengertian Sensor

Sensor memungkinkan HP untuk dioperasikan hanya dengan menyentuh layarnya, pintu garasi bisa terbuka dengan sendirinya setelah mobil berada dalam jarak tertentu, dan alarm bisa berbunyi ketika ada seseorang yang masuk tanpa izin. Tanpa sensor, tidak mungkin kita bisa menikmati kehidupan modern yang serba praktis seperti sekarang ini.

Banyak teknologi sehari-hari yang menggunakan sensor seperti touch screen, mouse, remote control, termometer, detektor asap, alarm rumah, dan sebagainya.

Apa Itu Sensor

Sensor adalah perangkat yang dapat mendeteksi dan memberikan respon terhadap perubahan-perubahan tertentu disekitarnya. Panas, kelembaban, cahaya, tekanan, dan gerakan adalah beberapa dari sekian banyak fenomena lingkungan yang dapat dideteksi oleh sensor.

Setelah sensor mendeteksi perubahan, sensor akan menginformasikan perubahan tersebut dengan menyajikan output yang dapat diinterpretasikan oleh manusia atau mesin.

Kebanyakan sensor memberikan output berupa sinyal elektronis yang ditransmisikan ke komponen lain, misalnya microprocessor atau microcontroller, untuk diproses lebih lanjut.

Termometer air raksa adalah contoh sensor yang sederhana. Proses pemuaian yang terjadi saat suhu panas akan membuat air raksa bergerak naik di dalam tabung sehingga kita bisa mengetahui seberapa panasnya suhu saat itu.

Mengenal Apa Itu Sensor

Termometer Air Raksa

Klasifikasi Sensor

1. Sensor Pasif

Sensor yang tidak membutuhkan pasokan daya listrik dalam merespon perubahan-perubahan tertentu di lingkungan sekitarnya seperti radiasi, vabriasi, dan sebagainya.

2. Sensor Aktif

Sensor yang membutuhkan pasokan daya listrik dan menggunakan pantulan sinyal dalam upayanya untuk mendeteksi sesuatu. Contohnya yaitu radar dan sonar.

3. Sensor Analog

Sensor analog menghasilkan sinyal output yang setara dengan perubahan yang terdeteksi. Contohnya yaitu termometer air raksa. Ketika suhu berubah, tinggi air raksa akan turut berubah sesuai dengan perubahan suhu. Makin panas suhu yang diukur, air raksa akan makin terdorong naik di dalam pipa kapiler.

4. Sensor Digital

Sensor digital menghasilkan sinyal-sinyal yang ditransmisikan secara digital. Contoh barang yang menggunakan sensor ini adalah termometer digital dan jam tangan digital.

Klasifikasi Sensor

Touch Sensor

Beberapa Jenis Sensor

1. Sensor Suhu

Sensor ini mengumpulkan informasi yang terkait dengan suhu dari sebuah sumber, lalu menampilkan informasi tersebut dalam format output yang bisa dipahami oleh manusia. Pengumpulan informasi bisa dilakukan melalui atau tanpa kontak fisik.

2. Sensor Sentuh

Sensor sentuh ditujukan untuk mendeteksi sentuhan. Contoh penerapannya bisa dilihat pada HP yang memiliki layar sentuh.

3. Sensor Proximity

Sensor proximity digunakan untuk mendeteksi objek pada jarak tertentu tanpa kontak fisik. Caranya yaitu dengan memancarkan medan elektromagnetik dan menunggu sampai ada perubahan di dalam medan tersebut.

4. Sensor Infrared

Sensor infrared bekerja dengan cara memancarkan gelombang radiasi infrared pada objek yang dituju, lalu menerima pantulan gelombang tersebut. Salah satu penerapannya adalah untuk mengukur jarak.

Keempat sensor di atas sangat banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masih ada sensor cahaya, ultrasonik, warna, ultraviolet, kelembaban, kemiringan, tekanan, bahan bakar, karbon dioksida (CO2), hidrogen, dan lain-lain.

Leave a Reply

Send this to a friend