Pengertian Touchscreen Beserta Fungsi dan Cara Kerja Touchscreen

Touchscreen atau dalam bahasa Indonesia disebut ‘Layar Sentuh’ Memiliki pengertian Touchscreen merupakan inovasi teknologi yang termasuk dalam kategori perangkat input komputer, dimana Touchscreen merupakan konsep yang mengandalkan sensor sentuhan baik sentuhan jari maupun pen. Dengan menggunakan Touchscreen pengguna komputer maupun smartphone dapat mengoperasikan perangkatnya dengan cara menyentuhnya untuk menjalankan berbagi macam fungsi yang telah disajikan dalam tampilan layar.

pengertian Touchscreen

Touchscreen

Pengertian Touchscreen

Dengan menggunakan teknologi Touchscreen pengguna semakin dipermudah dalam menjalankan perangkat, selain itu Touchscreen juga menambah nilai sebuah kemajuan dalam bidang teknologi, perangkat yang sudah menggunakan teknologi Touchscreen di pandang lebih maju dari pada yang belum menggunakan teknologi Touchscreen. Selain sekarang sudah di gunakan dalam perangkat yang kita gunakan sehari-hari, teknologi Touchscreen juga banyak di gunakan pada bidang manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi tinggi.

pengertian Touchscreen

Touchscreen

Banyak produk teknologi saat yang mengangkat konsep layar sentuh atau Touchscreen, di antaranya adalah perangkat smartphone, merk smartphone sekarang hampir seluruhnya sudah menggunakan Touchscreen sebagai media input untuk mengoperasikan fungsi-fungsi yang ada di dalamnya, beberapa merk yang terkenal sudah menggunakan Touchscreen adalah seperti, samsung, Iphone, Windows Phone, Evercross Asus, Lenovo yang merupakan ketegori smartphone, selain itu produk komputer dari merk tersebut juga sudah mengangkat teknologi Touchscreen sebagai media inputnya.

Selain itu, Teknologi Touchscreen atau layar sentuh juga sering kita jumpai pada tempat-tempat umum seperti, bandara, stasiun, mall, dan lain layar sentuh di gunakan untuk mengoperasikan perangkat komputer yang bertugas untuk melayani pelanggan, dengan menggunakan Touchscreen pelanggan seperti di stasuin tidak perlu beralih pandangan dari keyboard ke layar, karena sentuhan yang terjadi di layar merupakan bagian dari respon yang dimengerti oleh komputer.

Fungsi Touchscreen

Touchscreen atau layar sentuh sendiri memiliki fungsi yang sama seperti perangkat input yang lain, yaitu untuk mengirim data berupa data masukan yang harus di jalankan oleh sistem. Perangkat Touchscreen sudah tergabung secara permanen dengan layar monitor, artinya kita sebagai pengguna tidak bisa memindahkan perangkat Touchscreen dari tempat satu ke tempat lain tampa memindahkan layar monitornya. Oleh karena itu, biasanya kalau dalam bentuk komputer, Touchscreen sudah tergabung dengan komputer yang built in dari pabrik, dan tersaji dengan tampilan komputer yang lebih kekinian.

fungsi Touchscreen

Touchscreen

Komponen utama yang merupakan inti dari pergerakan Touchscreen adalah panel sensor yang terletak pada lapisan paling luar, dimana ketika kita menyentuhnya, maka akan timbul aliran listrik rendah yang dapat menjadi sebuah respon untuk di dikim ke sistem komputer. Lapisan ini transparan dan akan sangat sulit untuk kita lihat jika tanpa menggunakan microskop, selain itu, lapisan ini juga terbiasa oleh pantulan cahaya dari laya monitor. Selain panel sensor, ada juga pengontrol layar yang berfungsi sebagai penghubung antara panel sensor dengan board utama yang mentransformasikan aliran lsitrik menjadi bentuk data.

Cara Kerja Touchscreen

Lalu bagaimana cara kerja dari Touchscreen? cara kerjanya sendiri tidak terlepas pada penjelasan sebelumnya tentang komponen yang ada pada Touchscreen, ketika anda menyentuh Touchscreen panel sensor akan mendeteksinya dengan respon aliran listrik, yang kemudian di baca oleh pengontrol layar untuk di terjemahkan oleh driver software menjadi sebuah data-data yang dapat di kenali oleh sistem. Kemudian data tersebut di kirim ke sistem operasi yang kemudian akan menjalankan fungsi tertentu sesuai dengan permintaan sentuhan di layar.

cara kerja Touchscreen

Touchscreen

Ketika sentuhan di layar sudah terbaca, sistem operasi akan menjalankan fungsi yang di tunjuka oleh layar sentuh, selain itu sistem operasi juga akan menjalankan tampilan respon dari layar sentuh sebagai bukti bahwa sentuhan pada layar berjalan. Hal ini penting mengingat kadangkala ketika sentuhan pada layar tidak di respon alias terjadi not responding, kita sebagai pengguna kadang tidak mengtahui apa yang harus di lakukan, mengingat tidak tersedia keyboard untuk melakukan reset paksa.

Tipe-tipe Touchscreen

pengertian Touchscreen dan fungsi Touchscreen

Touchscreen

Touchscreen ternyata banyak macamnya, walaupun sama-sama berfungsi untuk media input dan cara memakainya juga sama yaitu dengan menyentuh layar, Touchscreen tetap menyejikan teknologi yang berbeda-beda, berikut di bawah ini adalah berbagai macam jenis Touchscreen atau layar sentuh yang banyak di gunakan pada kehidupan sehari-hari dan industri.

  1. Capasitive Overlay
  2. Guided acoustic wave
  3. Resistive overlay
  4. Scanning infrared
  5. Near field imaging (NFI)
  6. Surface acoustic wave

Dengan menggunakan berbagai macam tipe Surface acoustic wave atau layar sentuh yang telah di sebutkan di atas, ternyata menimbulkan berbagai kelebihan dan kekurangan, berikut di bawah ini adalah kelebihan menggunakan Surface acoustic wave dan kekurangan menggunakan Touchscrenn.

Kelebihan Touchscreen

  1. Kontrol dan interaksi antara layar dengan perangkat kendali dalam satu pandangan.
  2. Data yang tampil di layar dapat diawasi secara cepat
  3. Mudah di gunakan oleh pengguna pemula
  4. Hanya pilihan valid yang di tampilkan di layar
  5. Tidak membutuhkan daya ingat penggunaya

Kekurangan Touchscreen

  1. Perangkat yang mengggunakan Touchscreen cenderung memiliki harga yang mahal
  2. Membutuhkan waktu yang banyak dalam pengembangan codenya
  3. Kurang fleksibel untuk beberapa jenis perangkat
  4. Kesahalan yang ada bisa menimbulkan kesalahan pengoperasian
  5. Jari tangan bisa menutupi tampilan.

Nah itulah pembahasan tentang pengertian Touchscreen yang perlu anda ketahui karena teknologi ini cukup dekat dengan anda. Selain membahas tentang pengertian Touchscreen juga membahas bagaimana cara kerja dari Touchscreen, dan apa saja kelebihan dan kekurangan jika menggunakan teknologi Touchscreen. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambahkan pengetahuan dan wawasan anda mengenai dunia teknologi komputer, sehingga anda menjadi lebih tahu dari pada yang lain.

Leave a Reply

Send this to a friend