Apa Itu SketchUp

Apa Itu SketchUp? Mengenal Aplikasi SketchUp

SketchUp adalah software untuk merancang beragam model 3D yang relatif mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Versi pertamanya dulu dikembangkan oleh Last Software yang dirilis pada tahun 2000. Beberapa tahun kemudian, pada bulan Maret 2006, kepemilikan software tersebut akhirnya berpindah tangan ke Google.

Saat dikelola oleh Google, SketchUp mendapatkan sejumlah fitur ekstra seperti vektor 2D dan Google 3D warehouse. Akan tetapi, usia SketchUp di tangan Google tak bertahan lama karena di tahun 2012 Google memutuskan untuk mengikuti jejak Last Software dengan menjual SketchUp ke perusahaan Trimble. Hingga kini, Trimble masih terus mengembangkan SketchUp.

Versi SketchUp

Sketchup dibagi-bagi menjadi beberapa versi. Untuk saat ini setidaknya tersedia empat versi. Dulu pernah ada SketchUp versi desktop yang bernama SketchUp Make, tapi kini sudah tidak dikembangkan lagi. Yang menjadi penggantinya adalah SketchUp Free.

A. SketchUp Free

Mengenal Apa Itu SketchUp Free

Hanya dengan mendaftar akun SketchUp, anda sudah bisa menggunakan SketchUp versi web langsung di dalam browser. Keuntungannya, tidak ada yang harus diinstall. Kekurangannya, versi web yang diluncurkan pada bulan November 2017 ini membutuhkan koneksi internet yang cepat.

Sebagai versi yang paling dasar, fitur yang dimiliki solusi berbasis cloud ini tidak sebanyak versi lainnya, tapi anda tetap bisa membuat beragam model 3D dengan menggunakan fasilitas yang tersedia. Untuk kebutuhan personal, misalnya sekedar untuk belajar membuat model 3D, SketchUp Free adalah pilihan yang paling tepat.

B. SketchUp Shop

Mengenal Apa Itu SketchUp

Kalangan profesional yang menginginkan lebih banyak fitur tapi dengan biaya yang masih relatif terjangkau, bisa memilih SketchUp Shop yang juga merupakan versi berbasis cloud.

Di dalam versi ini, disediakan ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) dan hasil desain bisa disimpan dalam format OBJ dan STL untuk pencetakan 3D. Fitur-fitur yang tadinya terkunci di dalam SketchUp Free, bisa bebas diakses dalam versi ini. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan SketchUp Shop adalah 119 dolar USD per tahun.

C. SketchUp Pro

Pengertian SketchUp

Selain bisa diakses melalui web, SketchUp Pro juga hadir dalam bentuk software yang bisa diunduh dan diinstall. Ada masa trial selama 30 hari yang bisa anda manfaatkan untuk menyelami kemampuan yang ditawarkan oleh versi premium ini.

Beberapa fiturnya adalah opsi impor dan ekspor file yang lebih lengkap, mencakup LayOut dan Style Builder, bisa membuat komponen dinamis, dan pengguna juga diperbolehkan untuk menginstall ekstensi sesuai dengan kebutuhan.

D. SketchUp Studio

Mengenal Apa Itu SketchUp Studio

Inilah versi SketchUp yang paling mahal dengan biaya pemakaian sebesar 1199 dolar USD per tahun. Bisa dibilang bahwa SketchUp Studio adalah versi flagship yang dirilis Trimble. Selain mencakup fitur-fitur yang ada di dalam SketchUp Pro, versi ini juga menyediakan akses ke teknologi analisis energi dan daylighting Sefaira yang hadir dalam bentuk plugin.

Leave a Reply

Send this to a friend