Apa itu XML? Pengertian XML

Apa itu XML? Mengenal Pengertian XML (eXtensible Markup Language)

Pengertian XML

XML memiliki kepanjangan yaitu eXtensible Markup Language. XML adalah sebuah bahasa markup yang dibuat oleh konsorsium World Wide Web atau W3C. Fungsi utama dari XML adalah untuk menyederhanakan sebuah proses penyimpanan dan juga pengiriman data antar server. Lalu mengapa proses tersebut perlu disederhanakan? Hal ini disebabkan setiap server mempunyai sistem yang berbeda-beda.

Pengertian XML

Kondisi ini membuat pertukaran yang terjadi antarserver dengan sistem berbeda tersebut akan memerlukan waktu yang lebih lama. Maka dari itu, Anda perlu melakukan perubahan format data agar sesuai dengan server tujuan.

Dengan begitu, proses penyimpanan dan pengiriman data berlangsung lebih cepat. Namun data yang Anda ubah beresiko hilang. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka XML menawarkan penyimpanan data dalam format teks yang sederhana.

Jadi, Anda sudah tidak perlu mengubah format data apa pun. Bahkan, format datanya akan tetap sama meskipun Anda mentransfernya ke server yang lain. XML juga lebih mudah ketika Anda ingin memperbaruinya baik di OS maupun di browser baru.

Fungsi XML

Fungsi XML

Setelah mengetahui pengertian dari XML, kira-kira apa fungsi yang dimiliki XML? Untuk mengetahui fungsinya, silakan Anda simak penjelasan yang akan kami bagikan di bawah ini.

1. Dapat Memisahkan Data dari Tag HTML

Data yang ditampilkan dalam format HTML biasanya akan disimpan dalam satu file HTML. Namun, dengan adanya XML maka data bisa dipisah dari file HTML yang kemudian akan disimpan pada file XML itu sendiri. Jadi, Anda bisa lebih fokus pada HTML ketika ingin menampilkan dan memformat data. Sementara itu, XML lah yang akan berisi data tersebut.

2. Digunakan untuk Pertukaran Data Meskipun Beda Platform

Sebenarnya di dalam dunia komputer, database dan juga sistem komputer mengandung data yang tidak sama atau tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya.

Hal ini membuat tidak mungkin jika ingin melakukan pertukaran data di internet sementara terdapat perbedaan pada database aplikasi maupun sistem operasi yang digunakan. Akan tetapi, dengan menggunakan XML dalam pertukaran data, maka masalah terkait perbedaan platform tersebut bisa diatasi.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi ketika ingin melakukan pengiriman data meskipun berada pada platform yang tidak sama. Data yang dikirimkan akan tatap valid meskipun terdapat upgrade terhadap server, sistem operasi, maupun aplikasi baru.

3. RSS atau Really Simple Syndication

Apa itu RSS? RSS merupakan pengembangan dari XML. RSS dipakai untuk membuat standarisasi terhadap penggunaan tag-tag XML. Dengan begitu, pembuatan tag XML sudah tidak bisa bebas seperti yang diinginkan. Mengapa hal ini dilakukan? Alasannya adalah ketika melakukan import data XML ke situs yang lain, Anda tidak perlu lagi mencari tahu nama tag yang akan digunakan.

Leave a Reply

Send this to a friend