Apa Itu Streaming Mengenal Pengertian Streaming.

Apa Itu Streaming? Mengenal Pengertian Streaming

Streaming merupakan bagian dari aktivitas kehidupan modern yang sudah jamak dilakukan. Bahkan sudah banyak orang yang mengandalkan live streaming sebagai sumber penghasilan utama. Mereka yang sukses kabarnya bisa meraup hingga miliaran rupiah setiap bulan.

Streaming mungkin termasuk istilah yang sering dipakai sehari-hari tapi tidak benar-benar diketahui maksudnya. Streaming tidak sekedar menonton video melalui koneksi internet. Saat kita mendengarkan musik dan bermain game secara online, kedua aktivitas itu juga bisa disebut streaming. Streaming pun tidak harus melalui laptop, HP, tablet, atau PC. Melalui TV pun bisa.

Apa Itu Streaming?

Apa Itu Streaming?

Streaming adalah proses pengiriman dan penayangan konten multimedia yang terjadi secara real-time melalui koneksi internet. Yang mengirim adalah web server, sedangkan yang menerima dan yang menayangkan adalah web client. Yang dimaksud web client ini adalah browser, TV, atau media lain yang dipakai oleh masing-masing pengguna.

Di balik streaming, sebenarnya masih ada proses pengunduhan data, tapi hasil unduhan tersebut disimpan sebagai bagian dari cache browser. Data tersebut bisa diintip dengan menggunakan bantuan software pihak ketiga.

Kecepatan Streaming

Lancar tidaknya streaming tergantung dari beberapa faktor, tapi yang paling utama adalah dari seberapa bagusnya koneksi internet yang anda miliki. Makin besar bandwidth, streaming pun akan makin lancar.

Faktor lain yang bisa mempengaruhi streaming adalah jumlah orang yang mengakses internet di dalam jaringan yang sama. Makin banyak jumlahnya, kecepatan streaming juga makin terganggu. Apalagi kalau masing-masing orang juga streaming video HD.

Media koneksi yang digunakan juga bisa turut mempengaruhi. Biasanya koneksi internet lewat kabel lebih lancar daripada lewat wifi (wireless). Jadi kalau anda ingin bermain game online, sebaiknya gunakanlah koneksi kabel.

Platform Streaming

Mengenal Pengertian Streaming

Banyak platform yang ditujukan untuk streaming. Ada Twitch yang populer untuk streaming game, Nimo TV untuk penggemar setia PUBG, Spotify untuk para penikmat musik, dan YouTube untuk semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak TK sampai kakek nenek. Selain semua platform ini, masih banyak platform lainnya seperti Vimeo, Daily Motion, Instagram Live, Facebook Live, LinkedIn Live, Netflix, dan lain-lain.

Platform streaming yang sangat sering dijadikan lahan untuk mencari nafkah di Indonesia sepertinya adalah YouTube, tapi sekarang ini peraturannya sudah jauh lebih sulit daripada dulu. Jika ingin memonetisasi channel YouTube melalui program periklanan Google, syarat-syaratnya seperti jumlah minimal subscriber (pendaftar) dan jumlah jam tayang minimal harus terpenuhi terlebih dulu.

Dari segi konten, hampir semua topik bisa dijumpai di YouTube, termasuk beragam tutorial dari yang berkaitan dengan komputer hingga kamar mandi di rumah. Secara default kualitas video YouTube disetel ke auto, jadi jika ada pengguna yang koneksi internetnya sedang buruk, kualitas video akan ikut menurun secara otomatis agar pengguna tetap bisa streaming dengan lancar.

Leave a Reply

Send this to a friend