Pembaruan Microsoft Windows 10

Microsoft Lakukan Uji Coba Pembaruan Windows 10 Tahun Depan Secara Internal

NESABAMEDIA.COMDalam beberapa minggu terakhir, Microsoft telah merilis sejumlah pembaruan Windows 10 di kanal Windows Insider tanpa adanya perubahan yang menarik. Pada dasarnya, apa yang terjadi saat ini adalah Microsoft telah melakukan uji coba publik Windows 10 versi 21H1 Preview Builds di Insider tanpa adanya fitur baru, karena memang fitur-fitur yang mereka kembangkan sudah mendekati tahap final.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, Microsoft memiliki tradisi untuk merilis dua pembaruan fitur Windows 10 setiap tahunnya. Pembaruan utama biasanya akan mereka rilis antara bulan April dan Mei, sementara pembaruan minor akan disiapkan pada paruh tahun kedua, yakni antara bulan Oktober hingga November.

Akan tetapi untuk jadwal pembaruan tahun 2021 mendatang, di mana pembaruan kecil akan dirilis pada sekitar bulan April atau Mei, sementara pembaruan besar dengan sejumlah fitur baru akan dirilis pada musim gugur, yakni antara bulan Oktober hingga November.

Pembaruan Windows 10 21H1 (pembaruan kecil) akan dirilis pada awal tahun depan, dan kemudian diikuti oleh Windows 10 21H2 (pembaruan utama) di musim gugur. Saat ini di program Windows Insider, pengguna yang tergabung sudah bisa menguji sebagian dari pembaruan Windows 10 21H1, namun di sisi lain, Microsoft juga tengah berupaya meluncurkan versi pratinjau dari pembaruan 21H2.

Sekarang ini, Microsoft tengah menguji Windows 10 versi Build 21264 secara internal dan diyakini merupakan bagian dari pembaruan kaya fitur yang dijadwalkan akan hadir pada musim gugur tahun depan. 

Pihak Microsoft sendiri telah menolak untuk secara terbuka mengakui bahwa mereka tengah berupaya rilisan besar Windows, karena tahap pengembangan bisa memakan waktu yang lebih lama dari yang diharapkan. Sehingga sangat beresiko, jika ternyata nantinya kehadiran pembaruan itu tidak sesuai jadwal.

Pembaruan besar Windows 10 dengan kode 21H2 akan memperkenalkan sejumlah fitur dan fungsi baru yang sebelumnya telah mereka uji coba secara internal. Pembaruan ini juga diperkirakan akan hadir bersamaan dengan pembaruan antarmuka Sun Valley yang sudah lama dinantikan. Namun Windows Insider tidak akan memperlihatkan sekilas dari antarmuka baru ini hingga setidaknya sampai awal tahun depan. 

Lebih lanjut, pembaruan ini diharapkan bisa membawa peningkatan antarmuka pada File Explorer klasik, Start Menu, Action Center bahkan taskbar. Pembaruan antarmuka ini akan mulai dirilis untuk publik pada akhir tahun depan.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend