Windows 10 Builds 20257

Masalah Pada Start Menu Windows 10 Dan VPN Telah Dikonfirmasi Perbaikannya Oleh Microsoft

NESABAMEDIA.COMPihak Microsoft mengaku telah mengkonfirmasi keberadaan 2 bug baru yang ada pada Windows 10, dan menjanjikan jika proses perbaikannya telah mulai dilakukan. Seperti yang sudah dilaporkan sebelumnya, Windows 10 memiliki bug baru yang mengganggu jaringan internet sejumlah pengguna, ketika membuka Microsoft Store atau menggunakan VPN dan juga pada masalah Start Menu.

Masalah ini rupanya disebabkan oleh pembaruan Mei 2020 dan pembaruan kumulatif yang dirilis pada bulan yang sama. Dalam beberapa kasus, bug Windows 10 itu merusak jaringan internet dan sejumlah aplikasi penting seperti Office, Spotify, Microsoft Store dan lainnya tidak bisa terhubung secara online. 

Sejumlah pengguna menduga jika masalah itu terkait dengan koneksi VPN atau penggunaan Proxy. Sementara pengguna lain mengatakan jika pembaruan Windows 10 itu merusak Network Connectivity Status Indicator (NCSI). 

Hingga saat ini masih belum akar sebenarnya dari bug yang muncul tersebut, namun Microsoft memastikan pihaknya tengah berupaya memberikan perbaikan untuk kasus semacam yang dilaporkan banyak pengguna itu.

Masalah ini telah dilaporkan oleh banyak sekali pengguna dengan beragam latar belakang, dan perbaikannya kemungkinan besar akan dirilis pada pembaruan Selasa, yang hadir pada dua minggu lagi. 

Sebagai informasi tambahan, Microsoft akhirnya juga telah menemukan solusi perbaikan yang sebelumnya terjadi pada Start Menu yang mengalami error pada bagian blok-blok-nya. Ketika masalah ini terjadi, tampilan blok pada Start Menu di Windows 10 akan berubah menjadi berwarna abu-abu dengan sebuah pesan yang muncul “App Update in Progress.”

Sayangnya tidak jelas bagaimana perbaikan yang dibuat oleh Microsoft pada isu ini, termasuk kapan jadwal perilisan perbaikannya ke pengguna publik. Sejauh ini, perbaikan tersebut baru dirilis untuk pembaruan Preview Build pada bulan September lalu dan belum untuk versi publik.

Perlu dicatat juga, bahwa Microsoft mengatakan pihaknya juga telah mendeteksi permasalahan lainnya yang ada pada Windows 10. Di antaranya masalah pada fitur Sleep Mode yang tidak berjalan atau bekerja dengan semestinya. Dan kemudian juga masalah pada fitur Reset This PC yang gagal melakukan pembersihan dan penyegaran pada System Image Windows 10.

Leave a Reply

Send this to a friend