Pembaruan KB5001391 Perbaiki Masalah Penggunaan Sumber daya dan Start Menu

Pembaruan KB5001391 Perbaiki Masalah Penggunaan Sumber daya dan Start Menu

NESABAMEDIA.COMMenjelang hadirnya pembaruan Windows 10 Mei 2021, Microsoft mencoba memberantas sejumlah bug yang ada di sistem operasi. Setelah menerapkan pembaruan kumulatif, beberapa pengguna mengeluhkan terjadinya peningkatan penggunaan CPU yang tidak wajar, yang diakibatkan dari proses di sistem.

Pengguna komplain di Feedback Hub mengenai bagaimana perangkat PC mereka ini akhirnya menjadi lambat dan kinerjanya terganggu, setelah memasang pembaruan kumulatif terbaru. Namun hadirnya pembaruan KB5001391, sepertinya telah mengatasi keluhan itu.

Pembaruan Windows 10 KB5001391, yang dirilis baru-baru ini untuk Windows 10 versi 20H2 dan 2004, telah membawa sejumlah perbaikan penting. Sepertinya, pembaruan ini juga memperbaiki masalah penggunaan sumber daya yang besar, namun penyebab asli dari masalah ini masih belum jelas dan belum bisa ditemukan.

Sepertinya, masalah ini muncul secara bergantian di mana dua atau lebih proses yang berjalan berdampak pada kinerja sistem secara tidak terduga. Saat bug ini terjadi, lonjakan tajam dalam penggunaan CPU akan muncul dan perangkat menjadi lambat dan dalam kasus tertentu komputer akan hang dan restart dengan sendirinya.

Pembaruan KB5001391 sepertinya telah memperbaiki masalah yang ada ini.

Selain masalah penggunaan sumber daya yang melonjak tiba-tiba, pembaruan Windows 10 terbaru itu juga memperbaiki Start Menu yang bermasalah.

Pada tahun 2020 lalu, Microsoft memperkenalkan Start Menu dengan desain yang lebih ramping yang menghilangkan warna solid di backplate. Bagi beberapa pengguna, desain baru ini merusak Live Tiles dan pengguna lain melaporkan tile Start Menu yang menjadi kosong. 

Pembaruan KB5001391 telah mengatasi masalah yang ada di Start Menu itu dengan nama berikut ini:

  • ms-resource:AppName
  • ms-resource:appDisplayName

Bug tersebut diketahui berdampak di baik aplikasi bawaan Windows maupun aplikasi pihak ketiga.

Meskipun sebenarnya bug Tiles yang kosong itu bisa muncul kembali secara otomatis sekitar 15 menit setelahnya, namun tetap saja masalah itu membuat pengguna terganggu. Pembaruan opsional itu pun memperbaiki masalah itu yang di mana akan mencegah Tiles yang kosong untuk tampil di Start Menu. 

Meski demikian, sangat penting untuk diingat bahwa ini hanyalah pembaruan pratinjau kumulatif, dan pengguna diharapkan bisa bersiap jika nantinya justru akan menimbulkan masalah baru lagi setelah memasang pembaruan itu. Atau tinggal menunggu Microsoft untuk merilis pembaruan yang lebih stabil, setidaknya sampai dengan pembaruan Patch Tuesday bulan Mei 2021 ini.

Leave a Reply

Send this to a friend