Sejumlah Fitur Baru Yang Terungkap Dalam Build Pratinjau Windows 10 Terkini

Sejumlah Fitur Baru Yang Terungkap Dalam Build Pratinjau Windows 10 Terkini

NESABAMEDIA.COMPembaruan fitur berikutnya dari pembaruan Windows 10 Mei 2021 akan menjadi pembaruan minor yang lebih ke peningkatan layanan dengan peningkatan kualitas dan perbaikan bug.

Meskipun pembaruan tersebut hanya berkisar pada peningkatan, Build Pratinjau yang telah dirilis menunjukkan bahwa Windows 10 versi 21H2 akan menjadi sebuah rilisan besar dengan hal-hal baru untuk semua pengguna. 

Selain peningkatan dan perubahan desain, banyak pengguna yang mengharapkan adanya peningkatan pada File Explorer Windows, Settings dan lainnya.

File Explorer

Pembaruan Windows 10 Sun Valley akan memperbarui fitur File Explorer dengan menambahkan sebuah opsi baru bernama Extract All untuk file OneDrive. Opsi ini akan muncul ketika pengguna melakukan klik kanan pada file OneDrive yang diarsipkan yang diatur untuk penggunaan online saja. 

Fitur kedua adalah dukungan untuk tombol Ctrl + Arah Kiri/Kanan keyboard saat mengubah nama file. Ini akan memungkinkan pengguna untuk memindahkan kursor di antara kata di dalam nama file, seperti halnya Ctrl + Del dan Ctrl + Backspace untuk menghapus kata sekaligus, seperti aplikasi dan alat lainnya yang ada di Windows.

Pengaturan Kamera Windows

Di Build Pratinjau terbaru ini, Microsoft juga memperkenalkan sebuah pengaturan kamera baru di Windows 10 untuk pengguna tingkat lanjut guna membantu mereka dalam mengelola kamera yang ada atau menambahkan dan menghapus kamera serta mengkonfigurasi pengaturan gambar masing-masing secara default.

Pengaturan baru ini bisa ditemukan di halaman Settings → Devices → Camera dan pengguna bisa menggunakannya untuk mengkonfigurasi pengaturan gambar default.

Pengaturan Tampilan

Microsoft menambahkan opsi baru ke aplikasi Settings yang akan memungkinkan pengguna untuk mematikan fitur Content Adaptive Brightness Control (CABC). Sebagai informasi fitur CABC adalah fitur yang digunakan oleh OEM seperti DELL dan Lenovo untuk meningkatkan kinerja baterai di perangkat PC, namun dengan mengorbankan kualitas gambar yang ditampilkan. 

Dalam beberapa kasus, ini akan menghasilkan perubahan ketajaman gambar yang mengganggu.

Penggunaan Baterai

Pembaruan Windows 10 Sun Valley hadir dengan sebuah pengaturan baterai yang telah didesain ulang dengan grafik yang lebih mendetail. Ini akan membantu pengguna lebih baik dalam memahami penggunaan baterai perangkat laptop mereka. 

Begitu diaktifkan, pengguna akan melihat sebuah grafik baru di dalam halaman pengaturan baterai. Pengguna bisa melihat tingkat penggunaan baterai selama pemakaian seharian sampai dengan seminggu terakhir.

Device Manager

Dalam Build Pratinjau terbaru, Microsoft tengah bereksperimen dengan filter baru yang ada di Device Manager. Filter pertama adalah Devices by Driver, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan daftar perangkat yang menggunakan driver tertentu. Opsi kedua adalah Drivers by Type yang memungkinkan pengguna melihat file driver dengan ekstensi .inf, berdasarkan jenis dari perangkat. Filter ketiga adalah Drivers by Device, yang akan menampilkan file .inf di bawah nama perangkat yang menggunakannya. 

Leave a Reply

Send this to a friend