Langkah Bijak Microsoft Bikin Windows 10 Saingi Keandalan MacOS Apple

Langkah Bijak Microsoft Bikin Windows 10 Saingi Keandalan MacOS Apple

NESABAMEDIA.COMPerpindahan Mac ke prosesor berbasis ARM telah memberikan Apple peningkatan yang signifikan dalam hal kinerja perangkat. Mulai dari MacBook Pro dan MacBook Air, dan kemudian perangkat desktop dengan Mac Mini dan kini iMac terbaru, kemajuan teknologi secara masif ini memaksa persaingan yang semakin sengit. Kini, Microsoft dan Qualcomm bekerjasama untuk bisa menyaingi ambisi Apple tersebut. 

Salah satu keuntungan yang dimiliki Apple dengan perangkat iPhone dan iPad adalah adanya hubungan yang erat antara perangkat keras dan perangkat lunaknya. Chipset Axx dibuat secara custom untuk perangkat keras mobile milik Apple, yang menghadirkan integrasi yang lebih kuat. Pengguna juga memiliki pengaturan yang sama di sisi perangkat lunak, baik iOS dan iPadOS hanya bisa digunakan di Apple Silicon. 

Jika sistem operasi seperti Android dan Windows 10 harus mengakomodasi kombinasi perangkat keras dan lunak yang tak terhitung jumlahnya, Apple justru lebih simpel karena memiliki hubungan satu lawan satu. Ini memungkinkan pengguna memiliki jaringan yang lebih mendalam dan terintegrasi antar perangkat mereka. Pada akhirnya hal ini akan menghasilkan kinerja yang lebih baik, lebih efisien, dan banyak sekali ruang untuk mendesain sebuah produk dengan skenario yang beragam.

Dengan hampir jumlah konfigurasi yang tidak terbatas di pasaran, hal tersebut seperti tidak menguntungkan bagi Microsoft untuk bisa bersaing dengan Apple lewat Windows 10 mereka, namun dengan sebuah pengecualian. Ada sebuah ruang di mana Microsoft mampu dan memanfaatkan pendekatan yang sama seperti yang dilakukan Apple pada macOS, yakni Windows 10 di ARM.

Qualcomm kini tengah mengerjakan generasi ketiga dari chipset Snapdragon 8cx mereka. Ini adalah seri chipset yang didesain khusus untuk perangkat laptop dan tablet yang akan berjalan di sistem operasi Windows 10 berbasis arsitektur ARM. Pengguna akan menemukan beberapa varian dari generasi pertama dan kedua chipset 8cx di produk Surface Pro X buatan Microsoft.

Sementara itu, generasi ketiga chipset Snapdragon 8cx menjanjikan peningkatan signifikan dalam hal kekuatan pemrosesan data dan kinerja, menurut hasil benchmark terakhir yang memang begitu mengesankan. Meskipun tidak menyamai chipset M1 milik Apple, namun chipset itu menawarkan keandalan yang setara, bahkan lebih baik dari Intel dan AMD di harga yang sama. 

Sepertinya, strategi Microsoft untuk menjadikan perangkat keras dan perangkat lunak lebih terintegrasi dengan Windows 10 ini akan hadir akhir tahun ini.

Leave a Reply

Send this to a friend