Perbaikan Windows 10 Yang Dirilis Microsoft Justru Timbulkan Masalah Baru Saat Ngeprint

Perbaikan Windows 10 Kemarin Justru Timbulkan Masalah Baru Saat Ngeprint

NESABAMEDIA.COMPembaruan terbaru dari Microsoft untuk perbaikan pada masalah penggunaan printer di Windows 10, sepertinya tidak berfungsi dengan benar untuk sejumlah pengguna. Bahkan pembaruan perbaikan tersebut malah menimbulkan masalah baru. Pembaruan Windows 10 yang mengalami masalah itu adalah Windows 10 KB5000802, Windows 10 KB50001567 dan juga pembaruan lainnya yang dirilis antara tanggal 9 dan 16 Maret 2021. 

Dilaporkan pada minggu kemarin, bahwa pembaruan kumulatif Windows 10 bulan Maret 2021 menyebabkan masalah serius termasuk munculnya pesan error APC_INDEX_MISMATCH dan Blue Screen of Death dengan keterangan win32kfull.sys pada pengguna yang mencoba menggunakan printer untuk mencetak dokumen. 

Kemudian pada tanggal 15 Maret kemarin, Microsoft kembali merilis empat pembaruan opsional darurat yakni KB5001567, KB5001566, KB5001568 dan KB5001565 untuk mengatasi masalah pada printer tersebut. 

Sayangnya, pembaruan yang baru itu dilaporkan pengguna malah menimbulkan masalah serius lainnya, dan sama, yang mengalami kerusakan itu adalah printer dan aplikasi terkaitnya. 

“Kami tidak lagi mengalami BSOD seperti sebelumnya, namun ketika mencoba mencetak foto di sebagian permukaan kertas, atau saat mencetak invoices misalnya, gambarnya tidak muncul atau tercetak. Kami juga mengalami masalah untuk semua jenis printer merk Dymo, di mana printer tidak mencetak apapun. Pembaruan KB5001567 itu tidak membereskan dua masalah serius itu,” kata salah seorang pengguna.

“Menurut saya, pembaruan itu memang telah memperbaiki masalah BSOD, namun kini saya sama sekali tidak bisa mencetak apapun, terkadang hanya halaman pertama saja yang bisa tercetak. Kadang juga yang tercetak hanya separuh halaman saja,” keluh pengguna lainnya. 

Menariknya, masalah ini mirip sekali dengan masalah yang dialami banyak pengguna pada tahun lalu setelah melakukan pemasangan pembaruan kumulatif bulan Juni 2020, yang ditujukan untuk memperbaiki beberapa masalah performa. 

Sementara itu, dalam sebuah pembaruan di dokumen dukungannya, Microsoft telah memberikan konfirmasi bahwa elemen yang ada di sejumlah dokumen kemungkinan akan tercetak menjadi warna hitam seluruhnya setelah pembaruan kumulatif terbaru. Warna, gambar, dan juga garis tabel akan hilang saat dicetak. 

Microsoft kini kembali melakukan investigasi masalah pencetakan baru ini, dan akan segera merilis perbaikannya setidaknya minggu depan. 

Leave a Reply

Send this to a friend