iPhone Nyatanya Tidak Lebih Aman dari Perangkat Android

iPhone Nyatanya Tidak Lebih Aman dari Perangkat Android

NESABAMEDIA.COMSalah satu pakar keamanan siber terkenal memberikan peringatan bahwa ada lonjakan baru aplikasi berbahaya yang mengkhawatirkan. Ancaman ini jauh lebih serius bagi pengguna iPhone, lebih dari yang diperkirakan banyak orang. Dia mengatakan, bahwa iPhone yang selama ini disebut perangkat paling aman, nyatanya memiliki masalah keamanan yang lebih serius

“Kita semua begitu terbuka (celah keamanan) sangat lebar. Serangan siber telah sangat meluas dan kami telah melihat lonjakan besar dalam aplikasi seluler yang berbahaya,” kata pendiri Check Point

Reputasi Android dalam mengamankan ekosistem yang terfragmentasi tidaklah cukup baik. Sementara banyak yang berpandangan bahwa iPhone memiliki keamanan yang lebih baik. Namun, pengguna justru lebih mudah dalam mengunci Android, dan tidak demikian halnya dengan iPhone. 

Apple membuat perangkat mereka lebih sulit untuk diserang, namun di sisi lain juga membuatnya lebih sulit untuk dilindungi. Pengguna pun menjadi bergantung kepada Apple untuk melakukan segala hal, khususnya dalam melindungi perangkat mereka. Sayangnya, baik pengguna maupun perusahaan sama-sama sedang terancamnya. Jadi kedua platform baik Android maupun Apple memiliki masalah keamanan yang serius. 

Sebelum adanya Covid-19, dunia masih cukup simpel. Jika pengguna begitu mudah untuk diserang, maka mereka akan diserang saat itu juga. Jadi, cukup dengan menjadikan jaringan dan sistem perusahaan lebih kuat saja untuk mengakalinya. Namun kini, dengan adanya kebijakan work from home yang mengharuskan pekerja bekerja dari rumah, maka para pekerja itu menjadi rentan diserang malware karena menggunakan perangkat pribadi yang sistem keamanannya diragukan. 

“Semuanya menjadi mobile, remote dan kita masih belum siap untuk hal itu. Semua sistem yang kita gunakan bisa diakses oleh pihak luar, khususnya para pekerja. Kemudian perusahaan rekanan, supplier, para vendor semuanya menggunakan monitoring jarak jauh, melakukan pekerjaan remote ke sistem kita. Peretas pun akan memanfaatkan kesempatan tersebut,” kata Gil Shwed menjelaskan. 

Hal inilah yang menjadi alasan Shwed menyebut keamanan menjadi tergantung dari para pekerja, utamanya perangkat yang mereka gunakan. Karena Android lebih memudahkan pengguna dalam mengatur keamanan mereka ketimbang iPhone, maka bisa dibilang bahwa Android memiliki sistem keamanan yang lebih baik dan bisa diandalkan ketimbang perangkat iPhone. 

Leave a Reply

Send this to a friend