Windows 10 Versi 21H1 Telah Siap Untuk Validasi Komersial

Windows 10 Versi 21H1 Telah Siap Untuk Validasi Komersial

NESABAMEDIA.COMKemarin, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 versi 21H1 telah tersedia untuk diuji coba oleh perusahaan atau organisasi, sebelum dirilis secara komersial ke publik.

Pengumuman itu dilakukan oleh Aria Carley, Manajer Program di tim Windows, melalui unggahan di halaman blog Windows IT Pro. Perilisan ini nantinya akan menjadi perilisan yang lebih halus daripada saat merilis pengujian Windows 10 versi 21H1 di program Windows Insider. 

Selain itu, perilisan Windows 10 versi 21H1 ini nantinya juga akan tersedia melalui program standar atau non-Windows Insider, termasuk Windows Update, Windows Server Update Services (WSUS) dan Azure Marketplace, atau pengguna juga bisa mengunduhnya dalam bentuk file ISO, seperti yang telah dijelaskan dalam pengumuman tersebut.

Pengumuman resmi tersebut juga menjelaskan bahwa perilisan Windows 10 versi 21H1 ini siap untuk dilakukan validasi pra-rilis komersial. Dalam penjelasan sebelumnya mengenai kanal perilisan Windows 10 (sebelumnya disebut rilisan cabang), mungkin juga menandakan bahwa perilisan akan dilakukan secara tertarget dalam setengah tahunan. 

Hal ini, bisa mendorong para profesional di bidang IT untuk menguji versi sistem operasi yang baru itu di lingkungan produksi dengan kelompok pengguna yang telah ditentukan. Sementara, yang disebut ‘ring’ dalam pengujian ini adalah untuk memeriksa sistem operasi versi yang baru sebelum dilakukan perilisan secara umum di semua perusahaan, menurut skema Microsoft. 

Microsoft tidak lagi menggunakan istilah ‘tertarget’ sejak beberapa tahun yang lalu dengan perilisan Windows 10 versi 1903. Istilah penamaan lainnya masih ada, seperti yang dituliskan Microsoft dalam catatan di pengumuman tersebut yang berbunyi:

“Dikarenakan adanya perubahan dalam penamaan, istilah lama seperti CB (current branch) dan CBB (current branch for business) mungkin masih akan muncul di beberapa produk, seperti di Group Policy. Jika pengguna menemukan adanya istilah CB, itu berarti mengacu pada Kanal Semi Tahunan (tertarget) yang kini sudah tidak digunakan lagi, sementara untuk CBB mengacu pada Kanal Semi Tahunan (tidak tertarget.”

Setelah sekian tahun menjelaskan arti dari model penamaan cabang atau kanal mereka, Microsoft sepertinya sudah menyerah. Rilisan ini mungkin adalah rilisan tertarget untuk semi tahunan yang sekarang tidak lagi digunakan, yang seharusnya digunakan oleh para profesional di bidang IT untuk melakukan pengujian. 

Kanal di Windows 10 kini pun telah dibuat menjadi lebih luas, dan ada tiga jenis kanal yakni:

  • Kanal Semi Tahunan, di mana pembaruan fitur sistem operasi dikirimkan dua kali dalam satu tahun
  • Kanal Layanan Jangka Panjang, pembaruan fitur sistem operasi akan dikirimkan hanya dalam kurun waktu tertentu
  • Program Windows Insider, program sebagai tempat pengujian beragam rilisan sistem operasi

Tidak diketahui kapan penamaan ulang itu akan terjadi, tapi dijelaskan dalam dokumen tersebut tertanggal 17 Februari 2021. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend