Cara Paling Mudah Mengecek Plagiarisme pada Dokumen PDF, Tanpa Aplikasi!

Karya ilmiah seperti jurnal maupun skripsi pasti harus diperhatikan keorisinilannya. Oleh karena itu, biasanya sebelum kita mengupload jurnal maupun skripsi di website yang resmi, kita umumnya akan diminta untuk mengecek tingkat plagiarisme melalui turnitin. Turnitin merupakan sebuah program yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk menguji kualitas dan keaslian dari karya tulis, tesis, skripsi, maupun disertasi seseorang.

Dan biasanya, aplikasi turnitin tersebut berbayar. Sehingga kita tidak bisa sembarangan untuk mengecek berapa tingkat keorisinalitasnya karya ilmiah kita. Tetapi ada satu cara untuk kita tetap bisa mengecek tingkat plagiat pada karya ilmiah kita secara gratis.

Nah, pada artikel ini saya akan memberikan Anda langkah-langkah dalam mengecek tingkat plagiarisme pada dokumen PDF tanpa menginstall aplikasi apapun. Karena kita hanya memerlukan koneksi internet untuk menggunakan sebuah tool secara online.

Cara Paling Mudah Mengecek Plagiarisme pada Dokumen PDF, Tanpa Aplikasi!

Membuat dan menyusun sebuah karya ilmiah memang tidak mudah seperti kita membuat dokumen lainnya. Karena didalamnya kita menerapkan berbagai ilmu pengetahuan dan meneliti sesuatu yang akan menjadi inovasi terbaru dari sebuah ilmu pengetahuan yang telah kita pelajari sebelumnya.

Untuk membuat karya ilmiah, kita juga membutuhkan berbagai jurnal, buku maupun bacaan karya ilmiah lainnya yang menjadi suatu pedoman ketika kita mengerjakan sebuah karya ilmiah yang ingin kita buat. Referensi-referensi tersebut biasanya akan kita tuangkan kedalam tulisan karya ilmiah yang ingin kita buat dengan kalimat yang di rephrase atau ditulis ulang menggunakan kata-kata sendiri dengan maksud yang sama seperti yang dimaksud dalam referensi tersebut.

Tetapi membuat kalimat rephrase tidaklah semudah yang kita kira, karena pasti kita pernah tidak sengaja mengikuti bentuk kata-kata yang sama seperti yang ada didalam referensi. Nah, ini dapat dinyatakan sebagai plagiarisme. Untuk mengecek plagiarisme pada dokumen, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Convert Dulu ke Word dengan SearchEngineReports

Apabila Anda mempunyai sebuah dokumen PDF yang ingin dicek tingkat plagiarismenya secara gratis, maka Anda dapat mengubah format dokumen dari PDF menjadi dokumen Word menggunakan tool online SearchEngineReports. Untuk menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu mendownload maupun menginstall aplikasi apapun kedalam komputer Anda.

Anda hanya perlu membuka browser yang ada di komputer Anda kemudian masuk kedalam halaman atau website resmi dari SearchEngineReports. Berikut beberapa langkah dalam mengubah dokumen PDF menjadi dokumen Word menggunakan SearchEngineReports.

1. Langkah pertama Anda harus masuk kedalam website resmi searchenginereports.net untuk dapat mengubah dokumen PDF menjadi dokumen Words.

Selanjutnya klik tombol Upload File untuk dapat mengunggah file PDF yang ingin Anda ubah formatnya menjadi dokumen Word. Kemudian masuklah kedalam folder dimana file PDF tersebut berada. Lalu klik tombol button Open.

Search Engine Reports

2. Tunggulah beberapa saat sampai proses upload file PDF selesai.

SearchEngineReports

3. Kemudian klik pada captcha I’m not a robot. Jika sudah memilih perintah captcha, klik tombol Convert To Word.

SearchEngineReports

4. Maka tunggulah beberapa saat sampai proses converting selesai.

SearchEngineReports

5. Berikutnya klik tombol Download All. Maka file Word yang sudah diconvert tadi terunduh didalam komputer Anda.

SearchEngineReports

Seberapa Penting Cek Plagiarisme Harus Dilakukan?

Pada saat akan menyusun sebuah karya ilmiah, maka kita harus melalui fase cek plagiarisme. Hal ini sangat penting dikarenakan pada saat kita mengecek plagiarisme, kita akan mendapatkan sejumlah manfaat yaitu sebagai berikut :

  1. Dapat menjaga kualitas dari karya ilmiah yang kita susun dengan sangat baik, sebab bentuk dari plagiat sekecil apapun dapat mengurangi kualitas dan mutu dari karya ilmiah.
  2. Dapat ikut membangun citra dari instansi maupun perguruan tinggi yang menjadi tempat kita menulis sebuah karya ilmiah. Karena instansi maupun perguruan tinggi tersebut telah sukses mencetak generasi penerus yang tidak menduplikasi sebuah karya orang lain tetapi mampu menyusun sebuah karya ilmiah yang dibuatnya sendiri dengan sangat baik.
  3. Dapat terhindar dari tindak kejahatan, karena plagiarisme sudah termasuk kedalam suatu tindak kejahatan yang dinamakan pelanggaran hak cipta dan dapat dibawa sampai kedalam permasalahan hukum.
  4. Dapat menjadi sebuah bentuk penghargaan terhadap usaha seseorang dalam menyusun sebuah karya ilmiah, dengan begitu maka tidak ada penjiplakan isi dan digunakan dengan sesuka hati. Karena pasti para peneliti atau penulis sebelumnya sudah mempertaruhkan banyak usaha dan upaya dalam menyusun sebuah karya ilmiah yang kita jadikan referensi.

Untuk dapat terhindar dari adanya plagiarisme yang disengaja maupun tidak disengaja, maka kita perlu untuk mengecek tingkat plagiarisme. Kita dapat menggunakan situs berbayar maupun yang gratis di internet. Ada berbagai macam situs gratis yang dapat kita gunakan untuk mengecek tingkat plagiarisme diinternet, salah satunya yaitu PlagiarismDetector.net.

Cek Plagiarisme dengan PlagiarismDetector.net

Biasanya untuk mengecek tingkat plagiarisme dari dokumen karya ilmiah, instansi maupun perguruan tinggi akan menggunakan program turnitin. Tetapi program ini menerapkan sistem pembayaran yang tidak sedikit. Sehingga bagi kita seorang mahasiswa atau pelajar akan merasa sedikit kesulitan untuk mengecek tingkat plagiarisme pada karya ilmiah kita secara mandiri.

Tetapi ada satu situs yang dapat kita manfaatkan untuk mengecek plagiarisme secara gratis di internet. Aplikasi ini sangat membantu untuk kelancaran kita dalam menyusun karya ilmiah. Berikut cara mengecek plagiarisme dengan PlagiarismDetector.net.

1. Masuklah kedalam laman plagiarismdetector.net. Kemudian pada halaman pertama, klik tombol upload yang berwarna hijau seperti pada gambar dibawah ini. Maka akan muncul kotak direktori file komputer kita. Masuklah kedalam folder file dokumen word yang ingin kita cek tingkat plagiarismenya dan klik file tersebut.

plagiarisme

2. Jika sudah, maka klik butten Check Plagiarism untuk sistem mulai mengecek tingkat plagiarisme pada dokumen word yang sudah Anda upload tadi.

plagiarisme

3. Maka tunggulah beberapa saat sampai proses pengecekan selesai.

plagiarisme

4. Jika proses pengecekan sudah selesai, maka kita dapat mengunduh dokumen report atau hasil plagiarisme pada dokumen Word yang sudah kita unggah tadi. Caranya yaitu dengan klik tombol Download Word Report.

plagiarisme

5. Maka hasil dokumen report akan disediakan, untuk mendownloadnya klik tombol Convert to Word apabila kita ingin mengubahnya menjadi dokumen Word.

plagiarisme

6. Selanjutnya klik tombol Download seperti pada gambar yang berada dibawah file dokumen Word.

plagiarisme

7. Bukalah file dokumen word hasil cek plagiarisme, maka pada tampilan awal kita dapat mengecek tingkat plagiarisme dari file karya ilmiah kita yang ditunjukkan pada chart seperti pada gambar dibawah ini. Pada dokumen saya ini ditetapkan tingkat plagiarismenya ialah sebesar 95%.

plagiarisme

8. Kemudian scroll sampai halaman paling bawah, maka kita akan menemukan kata-kata yang mirip atau plagiat yang ada di dokumen kita yang disertakan juga dengan link atau dokumen yang sama seperti yang ada di internet.

plagiarisme

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara mengecek plagiarisme secara gratis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menyusun karya ilmiah yang berkualitas dan bermutu tinggi.

 

Leave a Reply

Send this to a friend