Apa Itu Viber? Mengenal Pengertian Aplikasi Viber

Aplikasi pesan instan memungkinkan komunikasi jarak jauh dengan biaya yang sangat murah, jauh lebih murah daripada komunikasi dengan menggunakan telepon kabel. Siapa saja bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengobrol tanpa takut dengan tagihan yang membengkak.

Di antara nama-nama besar aplikasi pesan instan yang popularitasnya sudah mendunia, terselip sebuah aplikasi menarik yang berasal dari Jepang bernama Viber.

Apa Itu Viber?

Apa Itu Viber?

Viber adalah aplikasi lintas platform yang digunakan untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan VOIP. Selain Android dan iOS, sistem operasi desktop seperti Windows, Mac, dan Linux juga didukung, tapi sebelumnya pengguna sudah harus memiliki akun Viber di HP masing-masing.

Aplikasi pesan instan ini dirilis pada tanggal 2 Desember 2010 dan awalnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan Israel. Pada tahun 2014, kepemilikan Viber berpindah tangan ke Rakuten, sebuah perusahaan e-commerce yang markas besarnya didirikan di Tokyo dan sudah berdiri sejak tahun 1997.

Dalam perjalanannya sebagai aplikasi pesan instan, Viber terus-menerus dihiasi dengan berbagai fitur baru yang membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya hingga akhirnya menjadi pengguna setia.

Fitur Viber

Apa Itu Viber?

Ada fitur enkripsi yang menjamin keamanan setiap pesan yang dikirim ke alamat tujuan. Di tengah maraknya kejahatan cyber, enkripsi bisa diibaratkan seperti benteng pertahanan yang sulit untuk ditembus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pesan yang bisa dikirim pun tak hanya berupa teks. Konten-konten visual semacam gambar dan video juga bisa menjadi bahan percakapan. Bahkan pengguna diberi kebebasan untuk mengirim rekaman suaranya. Tak puas dengan hanya mengirim pesan? Masih ada fitur untuk melakukan komunikasi dengan bertatap muka melalui panggilan video.

Komunikasi bisa dilakukan dengan satu lawan bicara atau lebih. Makin banyak yang bergabung, makin seru pula percakapannya. Kumpulan stiker yang bisa ditempelkan pada pesan juga membuat suasana percakapan terkesan lebih riuh dan lebih mudah mengundang tawa. Jika tak ada stiker yang bisa memenuhi keinginan, pengguna bisa membuatnya sendiri.

Viber juga menyediakan fitur untuk menghapus pesan yang sudah terlanjur dikirim seperti pesan yang salah alamat, pesan yang dikirim ketika amarah sedang memuncak sehingga terlontar kata-kata yang tidak pantas, pesan yang berpotensi terjerat UU ITE, dan sebagainya.

Untuk pesan-pesan yang lebih penting, misalnya pesan yang berisi password untuk membuka sebuah file, pesan-pesan tersebut bisa dipasang timer yang akan melakukan penghapusan secara otomatis pada waktu yang sudah ditentukan.

Apa Itu Viber?

Menurut laporan Statista, sejak bulan Juni 2011, jumlah akun Viber terus mengalami kenaikan hingga akhirnya berhasil meraup 1,17 milyar pengguna di seluruh dunia pada bulan Maret 2020. Berdasarkan trend pertumbuhan yang selalu positif ini, dan melihat dari semua fitur yang ditawarkannya, kemungkinan besar kedepannya jumlah pengguna Viber akan terus bertambah.

Leave a Reply

Send this to a friend