Apa Itu Spotify? Mengenal Pengertian Spotify

Apa Itu Spotify? Mengenal Pengertian Spotify

Spotify adalah platform musik yang menyediakan jutaan lagu melalui streaming, didirikan pada tahun 2008, dan berasal dari Swedia. Dengan jumlah lagu yang sudah melampaui 60 juta judul, hampir semua jenis lagu yang berasal dari berbagai negara bisa ditemui di platform musik tersebut. Jazz, hard rock, heavy metal, indie pop, klasik, hip hop, dan masih banyak lagi genre lagu lainnya.

Berlimpahnya judul lagu yang bisa dipilih karena selalu ada lagu-lagu baru yang diunggah ke Spotify. Lagu-lagu tak hanya berasal dari label rekaman, tapi juga karya-karya musik dari para pengguna Spotify, baik yang berprofesi sebagai musikus maupun yang bukan.

Para pengguna Spotify benar-benar diberi kemudahan dalam menikmati musik yang diinginkannya. Salah satu kemudahan tersebut hadir dalam bentuk playlist. Agar tidak bosan dengan lagu yang itu-itu saja, pengguna bisa membuat playlist kolaboratif atau mengikuti playlist yang dibuat oleh orang lain. Bisa pula dengan mengikuti Discover Weekly.

Mengenal Apa Itu Spotify

Sekali dalam seminggu, yaitu setiap hari Senin, koleksi lagu di dalam playlist Discover Weekly diperbarui oleh Spotify. Pembaruan daftar lagu dilakukan dengan mengandalkan sebuah algoritma kecerdasan buatan.

Algoritma pintar ini mengamati lagu apa saja yang biasanya diputar oleh pengguna, lalu memperbarui daftar lagu secara rutin berdasarkan informasi tersebut. Jadi jika anda sering mendengarkan lagu heavy metal, maka lagu-lagu yang muncul di dalam playlist biasanya juga akan memuat lagu-lagu dari genre tersebut.

Di lain waktu, Discover Weekly juga akan menampilkan lagu-lagu kesukaan teman-teman anda atau yang sejenis dengan lagu-lagu tersebut. Musik kesukaan anda pun secara otomatis akan diketahui pula oleh pengguna lain, kecuali jika anda mengaktifkan fitur privasi.

Mengenal Pengertian Spotify

Kualitas streaming untuk mendengarkan lagu di Spotify bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Makin tinggi kualitasnya, makin bagus suaranya, tapi makin besar pula kuota internet yang terpakai. Sama halnya dengan lagu-lagu yang didownload dari Spotify. Kuota akan makin cepat habis jika kualitas download disetel pada kualitas tertinggi.

Fitur-fitur lainnya memungkinkan playlist yang terhapus kembali pulih seperti sedia kala, menyusun playlist bersama dengan pengguna lain, menambahkan koleksi lagu pribadi ke Spotify, menampilkan lirik lagu, efek crossfade untuk menghilangkan waktu jeda di antara lagu, membaca biografi singkat artis dan mengetahui lagu apa saja yang populer di antara karya musik yang pernah dirilis oleh si artis, dan lain-lain.

Spotify bisa digunakan tanpa membayar sepeser pun, tapi layanan premiumnya menyediakan lebih banyak fitur yang dijamin akan membuat pengguna merasa lebih nyaman. Skema pembayarannya bervariasi, tergantung dari paket yang dipilih. Contohnya, paket perseorangan dibandrol Rp 49.990 yang harus dibayarkan setiap bulan. Secara keseluruhan, untuk saat ini ada empat paket layanan yang disediakan.

Leave a Reply

Send this to a friend