Apa itu Cache Pada Aplikasi

Apa itu Cache Pada Aplikasi? Mengenal Pengertian Cache

Pengertian Cache

Apa itu cache? Cache adalah proses penyimpanan data yang bersifat sementara. Dengan adanya cache, maka browser, situs, atau bahkan aplikasi tidak perlu lagi mengunduh data tersebut berulang kali.

Ada juga yang mendefinisikan bahwa cache merupakan sebuah proses yang digunakan oleh aplikasi, situs, maupun browser untuk menyimmpan informasi. Bagi Anda yang mungkin pernah menghapus history di browser, pasti Anda pernah melihat ada perintah “Bersihkan Cache”.

Kita ambil contoh di Google Chrome. Pada saat Anda ingin menghapus history pada Google Chrome, maka terdapat perintah tentang “Bersihkan Cache”. Nanti Anda akan diberikan pilihan apakah ingin menghapus gambar dan juga file yang disimpan di dalam cache. Menghapusnya pun memerlukan waktu yang cukup lama, terlebih lagi jika Anda menghapus semua cache selama Anda menggunakan Google Chrome.

Manfaat Cache

Pengertian Cache

Apa manfaat cache? Salah satu manfaat utama dengan adanya cache atau proses caching pad aplikasi adalah membuat aplikasi berjalan lebih cepat. Dengan begitu, proses yang berlangsung bisa lebih efisien karena sebelumnya data sudah otomatis disimpan.

Sementara itu, manfaat cache pada browser yaitu membuat situs menjadi lebih cepat diakses. Maka dari itu, menggunakan cache adalah salah satu cara yang paling penting untuk meningkatkan pengalaman para user ketika ingin mengaskses situs tersebut.

Cache Pada Aplikasi Smartphone

Cache Pada Aplikasi Smartphone

Perlu Anda tahu bahwa cache bukan hanya digunakan pada situs maupun aplikasi di komputer. Cache juga digunakan pada browser maupun aplikasi pada smartphone Anda yang biasanya menggunakan cloud dan juga data web.

Kita ambil contoh misalnya salah satu aplikasi terkenal yaitu Spotify. Aplikasi ini juga menggunakan cache yang bekerja pada saat pengguna mengunduh lagu di sini lalu menyimpan lagu tersebut di Spotify.

Dengan begitu, lagu tersebut nanti bisa diakses kembali meskipun hp Anda tidak memiliki sinyal atau tidak sedang terkoneksi ke jaringan internet. Lagu-lagu yang disimpan tersebut tidak benar-benar disimpan di smartphone tanpa batas waktu.

Akan tetapi, lagu tersebut akan secara otomatis terhapus dalam jangka waktu tertentu dan biasanya setelah beberapa minggu. Tujuan mengunduh lagu ke dalam cache adalah agar nanti bisa didengarkan kembali ketika kondisi tidak ada sinyal atau paket internet.

Kelemahan Cache

Dengan manfaat yang Anda dapatkan, ternyata cache memiliki kelemahan yang mungkin tidak banyak orang mengetahuinya. Salah satu kelemahannya adalah cache dapat menjadi salah satu media yang bisa dimanfaatkan oleh hacker.

Hal ini karena di dalam cache terkadang mengandung informasi penting, rahasia, sensitif, dan pribadi. Melalui cache tersebut hacker bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan informasi pengguna atau pelanggan yang memanfaatkan website tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami jelaskan tentang pengertian, manfaat, dan kelemahan cache. Semoga bermanfaat.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend