Smartphone Gaming Nubia Red Magic 5S

Nubia Red Magic 5S, Rekomendasi Smartphone Untuk Gaming

NESABAMEDIA.COMDengan dukungan chipset yang powerful, tampilan halus 144Hz, tombol khusus gaming di bagian punggung, dan juga sebuah kipas pendingin, smartphone Nubia Red Magic 5S sangat cocok untuk smartphone gaming, dan begitu handal untuk kebutuhan lainnya. 

Smartphone Red Magic 5S memang tidak untuk pengguna umum, namun memang demikian desainnya. Jika pengguna mencari sebuah smartphone yang bisa digunakan untuk memainkan game apapun dengan mudah, smartphone ini akan menjadi salah satu pilihan yang wajib untuk dipertimbangkan.

Smartphone yang ada saat ini telah mengalami perubahan yang sangat drastis. Dari yang dulu hanya untuk digunakan kebutuhan melakukan panggilan, berkirim pesan dan mengatur jadwal pertemuan, kini berubah menjadi perangkat komputasi yang serbaguna. Bagi banyak orang, smartphone dengan cepat menggantikan keberadaan perangkat PC. Sehingga cukup wajar, pada akhirnya muncul dua jenis smartphone, yakni untuk kebutuhan pekerjaan atau bisnis, dan untuk kebutuhan gaming. 

Meski saat ini pada umumnya semua smartphone Android keluaran terbaru sudah bisa menjalankan hampir semua aplikasi game, namun Nubia Red Magic 5S didesain secara khusus untuk gaming tingkat lanjut. Smartphone ini tampak cukup gahar di atas kertas, namun benarkah smartphone ini memang difokuskan untuk fitur gaming atau cukup lengkap untuk dijadikan perangkat untuk aktivitas harian pengguna?

Desain

Terdapat dua versi Red Magic 5S dan masing-masing hadir dengan spesifikasi dan desain yang berbeda. Untuk versi spesifikasi rendahnya, diketahui menggunakan RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan internal 128GB, serta warna Sonic Silver. Sementara untuk versi spesifikasi tingginya menggunakan RAM 12GB dan kapasitas penyimpanan internal 256GB, dengan pilihan warna berjuluk Pulse.

Mungkin karena adanya penggunaan bahan metal untuk bodi dan juga kipas pendingin, menjadikan smartphone ini terasa lebih berat daripada smartphone kebanyakan. Namun meski demikian untuk penggunaan jangka lama smartphone ini tetap nyaman, dan pengguna bisa tetap fokus bermain game.

Lalu keberadaan kipas pendingin secara khusus juga menghadirkan adanya lubang ventilasi di bagian samping bodi smartphone. Mungkin lubang ventilasi ini menjadi suatu hal yang aneh untuk perangkat smartphone, namun Nubia dengan baik menampilkannya hingga tetap terlihat estetik.

Jika smartphone terkini trennya menggunakan notch berupa waterdrop di bagian layar, Red Magic 5S ini masih mengusung gaya lama, dengan masih menggunakan bezel di bagian sisi layar. Namun meski demikian, bezel berukuran setengah sentimeter di bagian atas dan bawah itu nampak memberikan kesan simetri yang bagus.

Tampilan Layar

AMOLED panel di layar berukuran 6.65 inci menawarkan kolor dan kecerahan yang sangat impresif. Apalagi terdapat fitur pengaturan refresh rate, di mana pengguna tidak hanya bisa menggunakan refresh rate 60Hz untuk mengoptimalkan penggunaan baterai, tetapi juga bisa meningkatkannya ke 90Hz dan juga 144Hz.

Tentunya jika menggunakan refresh rate 144Hz konsumsi baterai juga semakin besar, namun pengguna akan mendapatkan tampilan yang jauh lebih halus dan lancar. Apalagi untuk kebutuhan gaming.

Fitur Gaming

Berbicara gaming yang memang menjadi fokus peruntukan smartphone ini, terdapat sebuah tombol geser berwarna merah di bagian samping atas smartphone. Jika digeser, maka smartphone akan masuk dalam mode Compete. 

Tombol Geser Merah Mode Gaming Red Magic 5S

Tombol Geser Merah Mode Gaming Red Magic 5S

Mode ini akan mengatur launcher yang menampilkan fitur yang dikhususkan untuk gaming. Pengguna bisa dengan mudah membuka aplikasi game, juga mengaktifkan pengaturan refresh rate, memblokir panggilan masuk dan pesan agar bisa dengan nyaman bermain game.

Salah satu efek buruk dari keberadaan kipas pendingin adalah pengguna akan mendengar suara kipas yang berputar. Namun akan menjadikan smartphone tidak mudah panas, meskipun sedang memainkan game yang membutuhkan banyak sumber daya. 

Nubia Red Magic Tempat Kipas Pendingin

Nubia Red Magic Tempat Kipas Pendingin

Smartphone ini juga dilengkapi dengan add-on tambahan bernama Ice Dock, yang bisa digunakan untuk menempatkan kipas pendingin tambahan di bagian belakang bodi. Dengan demikian, smartphone ini akan menjadi semakin dingin, jika kipas internal dianggap kurang maksimal. 

Software

Nubia Red Magic 5S hadir dengan sistem operasi Android 10, dan hingga berita ini dibuat masih belum ada informasi akan adanya dukungan Android 11 kedepannya. Meskipun sejumlah pembaruan rutin dirilis. Nantinya pengguna juga akan mendapatkan sistem operasi Red Magic OS yang mengusung sejumlah launcher dan software bawaan. 

Chipset yang menunjang smartphone ini diketahui menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 yang mendukung teknologi 5G. Meski tidak sekuat 865 plus yang ada di perangkat Android terbaru, namun chipset tersebut masih sangat mendukung untuk kebutuhan gaming. 

Saat digunakan untuk sejumlah game yang membutuhkan spesifikasi tinggi seperti Call of Duty Mobile, Asphalt 9, PUBG serta Madden NFL 21. Sebagai informasi, Madden NFL 21 mendapatkan banyak keluhan dan rating buruk di Play Store karena banyak smartphone yang tidak mumpuni untuk menjalankan. Namun saat digunakan di Red Magic 5S, game tersebut berjalan dengan lancar.

Kamera

Meskipun bukan menjadi fokus utama, keberadaan kameranya juga tidak terlalu buruk. Terdapat kamera utama 64MP di bagian belakang yang menggunakan sensor IMX686 milik Sony. Meskipun hasil jepretannya tidak akan membuat pengguna sampai terkagum-kagum. 

Begitu juga dengan kamera depan untuk selfie 8MP-nya yang juga cukup cepat dan efisien untuk digunakan, namun sekali lagi, hasilnya juga tidak terlalu wah. Kemungkinan kedepannya, akan ada pembaruan yang bisa meningkatkan performa kamera.

Leave a Reply

Send this to a friend