Aplikasi Hex Editor untuk PC

10 Aplikasi Hex Editor untuk PC / Laptop Terbaik untuk Manipulasi Data

Hex Editor merupakan sebuah program atau aplikasi yang digunakan untuk menyunting atau memanipulasi data dari suatu file berjenis binary di PC ataupun laptop.

Aplikasi ini juga biasa digunakan untuk melakukan proses code reverse engineer, yaitu proses pembedahan code biner dari sebuah software. Hex editor juga merupakan aplikasi penting dalam mempelajari alur kerja suatu program jika tidak mempunyai source code nya. 

Aplikasi Hex Editor untuk PC / Laptop

Banyak sekali aplikasi hex editor yang tersedia untuk PC ataupun laptop, baik untuk sistem operasi Windows, MacOS, dan juga Linux. Berikut ini 10 rekomendasi aplikasi hex editor untuk PC ataupun laptop Anda. Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini.

1. HxD

HxD

HxD merupakan aplikasi Hex Editor untuk PC atau laptop yang sangat cepat dan dibuat dengan hati-hati. Aplikasi ini selain dapat mengedit raw disk, juga dapat digunakan untuk memodifikasi memori utama (RAM), serta dapat digunakan untuk berbagai ukuran file.

Tampilan antarmuka aplikasi ini sangat sederhana, sehingga sangat mudah digunakan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti pattern byte, checksum, splitting file, dan fitur regex seperti search and replace, dan manipulasi file seperti file shredder juga disertakan.

2. wxHexEditor

wxHexEditor

wxHexEditor merupakan aplikasi hex editor yang dapat mendukung berbagai platform seperti Windows, MacOS, Linux, dan lain sebagainya. Aplikasi wxHexEditor ini bersifat open source yang ditulis dalam bahasa C++ dengan tampilan antarmuka pengguna berbasis wxWidgets.

Beberapa fitur utama yang ditawarkan aplikasi ini, diantaranya adalah penggunaan memori yang rendah, mendukung file atau disk besar, akses raw disk, tidak ada temp files, pencarian teks UTF8/Unicode, MD/RIPEMD/SHA/Tiger/HAVA /CRC/Adler/GOST/Whirlpool/Snefru hash generator, dan lain sebagainya. Dengan aplikasi wxHexEditor ini Anda juga dapat mengedit tabel partisi atau juga bisa memulihkan file dari File System.

3. 010 Editor

Aplikasi Hex Editor untuk PC

010 Editor merupakan salah satu aplikasi teks editor profesional dan hex editor terbaik di dunia. Aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi, diantaranya adalah Windows, macOS, dan Linux. Aplikasi 010 Editor mendukung banyak format hingga 160 lebih format.

Selain digunakan sebagai teks editor dan hex editor, aplikasi ini juga mampu untuk menemukan dan memperbaiki masalah pada hard drive, kunci memori, flash drive, CD-ROM, dan lain sebagainya. Aplikasi ini menggunakan teknologi Template Biner, yang memungkinkan file biner diurai menjadi struktur data yang dapat dengan mudah dipahami.

4. PE ExplorerPE Explorer

PE Explorer merupakan aplikasi Hex Editor yang memiliki fitur paling banyak. Aplikasi PE Explorer memungkinkan Anda untuk membuka, melihat, dan menyunting berbagai jenis file Windows 32-bit yang dapat dieksekusi (juga disebut file PE) mulai dari yang umum, seperti EXE, DLL, dan Kontrol ActiveX, hingga jenis format yang kurang dikenal, seperti SCR ( Screensaver), CPL (Control Panel Applet), SYS, MSSTYLES, BPL, DPL, dan lainnya (termasuk file yang dapat dijalankan yang berjalan pada platform MS Windows Mobile).

Aplikasi PE Explorer akan memberikan Anda sedikit pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan analisis perangkat lunak. Setelah Anda memilih file yang ingin Anda periksa, aplikasi PE Explorer akan menganalisis file dan menampilkan ringkasan informasi header PE, dan semua sumber daya yang terdapat dalam file PE.

5. wxMEdit

wxMEdit

wxMEdit adalah aplikasi hex editor editor yang mendukung berbagai platform, diantaranya adalah windows, macOS, linux, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa C++.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti pembaharuan otomatis, bookmark, file sintaks FreeBasic, memilih baris dengan mudah, mendukung encoding (L1, CP850, CP437 dll, KOI8, UTF-x), wordwrap, wordcount,  dan lain sebagainya. Aplikasi wxMEdit dapat mengedit file dalam mode Teks, kolom, ataupun heks.

6. Hex Fiend

Aplikasi Hex Editor untuk Laptop

Hex Fiend merupakan aplikasi hex editor yang cepat dan bersifat open source. Aplikasi ini tidak membatasi Anda untuk melakukan perubahan seperti aplikasi hex editor lainnya. Anda dapat dengan mudah menyisipkan, menghapus, dan juga mengatur ulang.

Aplikasi Hex Fiend mampu menangani file-file besar. Hal ini sudah diuji pada file berukuran 118 GB. Aplikasi Hex Fiend tidak menyimpan file Anda di memori. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan aplikasi ini, bahkan dengan RAM rendah pun aplikasi ini tetap bisa berjalan. Aplikasi ini dapat menemukan apa yang Anda cari dengan cepat. Namun sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja.

7. Binary NinjaBinary Ninja

Binary Ninja merupakan adalah platform reverse engineering untuk menganalisis binari yang dikompilasi untuk berbagai arsitektur. Tampilan antarmuka aplikai Binary Ninja menggunakan paradigma UX modern, jika Anda tidak suka atau tidak cocok dengan tema default, Anda bisa menggantinya dengan tema alternatif lainnya.

Aplikasi Binary Ninja memiliki analisa yang powerful. Data dan kode, analisis himpunan nilai, dan lainnya semua dilakukan secara otomatis oleh aplikasi ini. Dan script dapat dibuat dengan gaya arsitektur agnostik. Aplikasi ini tentunya juga mendukung berbagai platform, seperti Windows, MacOS, Linux, dan lain sebagainya.

8. Kaitai Struct

Kaitai Struct

Kaitai Struct merupakan bahasa deklaratif yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai struktur data biner, dan diletakkan dalam file atau dalam memori seperti, format file biner, format paket network, dan lain sebagainya. Aplikasi ini mendukung berbagai sistem operasi, diantaranya windows, mac, dan linux.

Aplikasi ini akan menjelaskan format tertentu dalam bahasa Kaitai Struct (file .ksy) dan kemudian dapat dikompilasi dengan ksc menjadi source file dalam salah satu bahasa pemrograman yang didukung. Modul-modul ini akan menyertakan kode yang dihasilkan yang dapat membaca struktur data yang dijelaskan dari file dan memberikan akses serta API yang mudah dipahami.

9. BlessAplikasi Hex Editor untuk PC

Bless merupakan salah satu aplikasi hex editor yang memiliki fitur lengkap dan berkualitas tinggi. Ditulis dalam mono/Gtk# dan platform utamanya adalah GNU/Linux, tapi aplikasi ini juga mendukung sistem operasi windows. Aplikasi ini bersifat open source.

Aplikasi Bless memiliki beberapa fitur utam, diantaranya adalah pengeditan file data besar yang efisien dan block devices, pembatalan bertingkat – operasi pengulangan, tampilan data yang dapat disesuaikan, rendering data cepat di layar, memiliki banyak tab, fitur pencarian yang cepat, tabel konversi data, kemampuan copy paste, dan lain sebagainya.

10. WinHexWinHex

WinHex merupakan aplikasi editor heksadesimal yang mampu membuka disk, sektor, file (dukungan asli untuk FAT, NTFS, Ext2 / 3, ReiserFS, Reiser4, UFS, CDFS, UDF) dan memori fisik (RAM). Aplikasi ini juga dapat membaca, menulis dan mengekstrak data untuk analisis forensik lebih lanjut.

Pada dasarnya aplikasi ini adalah editor heksadesimal universal, yang sangat dapat membantu dalam bidang forensik komputer, pemulihan data, pemrosesan data tingkat rendah, dan keamanan IT.

Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai penggunaan sehari-hari, seperti memeriksa dan mengedit semua jenis file, memulihkan file yang terhapus atau data yang hilang dari hard drive dengan file sistem yang corrupt atau dari kartu kamera digital. Namun, fitur yang dapat digunakan sesuai dengan jenis lisensi yang Anda gunakan.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 rekomendasi aplikasi Hex Editor untuk PC ataupun laptop. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend