Apa Itu Xender? Mengenal Pengertian Aplikasi Xender

Apa Itu Xender? Mengenal Pengertian Aplikasi Xender

Banyak pengguna HP yang setiap harinya berhadapan dengan banyak file, entah itu file-file yang diunduh dari internet atau yang diambil dari HP milik teman atau mungkin tugas dari dosen.

Biasanya, begitu kapasitas penyimpanan HP mulai terlihat penuh, sebagian file akan langsung dilarikan ke tempat lain, misalnya ke HDD laptop. Untuk memindahkan, dibutuhkan aplikasi seperti Xender untuk mempermudah prosesnya.

Apa Itu Xender?

Xender adalah aplikasi mobile untuk mentransfer data ke perangkat lain. Jangankan antar HP Android, Xender bahkan juga bisa digunakan untuk mengirim data dari sebuah HP Android ke perangkat iOS. Komputer desktop dan laptop juga didukung.

Semua jenis file bisa dipindahkan mulai dari dokumen, video, audio, gambar, hingga aplikasi sekalipun bisa ditangani dengan baik oleh Xender. Proses pemindahan tidak membutuhkan koneksi internet, hanya koneksi wifi yang pastinya bebas kuota dan tidak butuh kabel.

Mengenal Apa Itu Xender

Cara pemindahan file juga tidak memberatkan pengguna. Misalnya, jika anda ingin memindahkan file dari HP Android ke laptop, anda hanya perlu menginstall aplikasi Xender di dalam HP. Selanjutnya file bisa dipindahkan dengan scan kode QR atau melalui alamat IP yang ditunjukkan oleh aplikasi untuk dibuka di dalam browser laptop.

Mengenai kecepatan transfer, nantinya akan bervariasi sesuai dengan kondisi jaringan dan HP serta standar wifi yang didukung oleh masing-masing chipset wifi yang tertanam di dalam HP. Di laman aplikasinya di Google Play Store, Xender diklaim bisa mentransfer file dengan kecepatan mencapai hingga 40 Mbps.

Pada dasarnya Xender bekerja dengan cara mengubah HP menjadi hotspot sehingga perangkat lain bisa terkoneksi untuk saling berkirim file. Pada saat HP terkoneksi dengan laptop, selain bisa mentransfer file, koneksi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengakses file-file yang ada di dalam HP langsung melalui browser yang dijalankan di laptop. Anda juga bisa menghapus file yang mana saja dari file-file tersebut.

Menariknya, ada fitur ekstra yang berfungsi untuk mengunduh video dari tiga media sosial milik perusahaan Facebook. Yaitu, Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Fitur download ini menjadi nilai plus bagi pengguna yang sering mampir ke situs-situs tersebut.

Mengenal Apa Itu Xender

Fitur yang terbilang baru di Xender adalah fitur konversi video menjadi audio dalam format MP3. Berguna sekali untuk pengguna yang kerap menemukan lagu, ceramah, atau tutorial yang menarik di situs-situs berbagi video (YouTube, DailyMotion, dsb.), dan ingin selalu mendengarkannya tanpa harus mengunjungi internet.

Xender itu sendiri bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Jumlah dan ukuran file yang bisa ditransfer pun tidak diberi batasan. Sebesar apa pun, sebanyak apa pun file yang hendak ditransfer, file-file tersebut akan disalin atau dipindahkan oleh Xender selama kapasitas penyimpanan perangkat yang dituju masih mencukupi.

Leave a Reply

Send this to a friend