Cara Membuat QR Code

Begini Cara Membuat QR Code dengan Mudah dan Gratis Tanpa Aplikasi

NESABAMEDIA.COM – Kehadiran QR Code telah menggantikan peran bercode yang merupakan kode batang. QR Code memiliki bentuk dua dimensi dan perannya lebih banyak digunakan dibandingkan barcode. Salah satu alasannya karena QR Code mampu menyimpan lebih banyak data.

Selain itu, QR Code juga sudah mengantongi lisensi standarisasi internasional sehingga tidak perlu meragukan kualitas yang dimiliki oleh kode ini.

QR Code sebenarnya merupakan singkatan dari Quick Response Code yang merupakan kode matrik barcode. Penggunaan QR Code semakin bertambah banyak, mengingat banyak orang yang menggunakan smartphone. Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari QR Code? Apa memang kita perlu menggunakan QR Code untuk kegiatan kita sehari-hari? Sebenarnya fungsi dari QR Code tergantung penggunanya.

Cara Membuat QR Code Mudah dan Gratis

1. Pertama-tama anda harus membuka website QR Code Generator. Saya sarankan anda untuk melakukan pendaftaran melalui link ini supaya anda dapat menggunakan semua fitur yang tersedia. Setelah itu anda isi kolom pendaftaran yang disediakan kemudian jika sudah, pilih Sign Up Now.

Membuat QR Code 1

2. Buka email anda untuk melakukan verifikasi.

Membuat QR Code 2

3. Login ke akun email anda. Disini saya menggunakan Gmail. Klik Activate account.

Membuat QR Code 3

4. Pilih jenis QR Code yang anda inginkan. Ada Website, Coupons, Business Page, Facebook, PDF dan lain sebagainya. Disini saya ingin membuat QR Code yang ketika discan akan menuju link website saya. Maka dari itu saya memilih Website. Kemudian anda pilih Next.

Membuat QR Code 4

5. Setelah itu masukkan URL tujuan pada kolom Website. Anda juga bisa memberi nama QR Code tersebut (opsional). Selanjutnya pilih Next.

Membuat QR Code 5

6. QR Code sudah siap didownload. Anda juga bisa memilih style mana yang anda inginkan, di bagian kanan. Terakhir pilih Download.

Membuat QR Code 6

Manfaat QR Code yang Perlu Diketahui

Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat umum dengan adanya QR Code tersebut yang mungkin anda belum mengetahuinya.

1. Untuk Kartu Nama

Fungsi QR Code yang pertama adalah berhubungan dengan kartu nama. Di sini anda bisa memasukkan informasi berkaitan dengan nama, nomor HP, media sosial, pin BBM, alamat rumah, kantor, dan lain sebagainya. Yang perlu anda lakukan adalah tinggal menempelkan kode QR yang sebelumnya sudah anda buat.

Setelah itu, orang lain yang ingin melihat kartu nama atau profil anda, mereka hanya perlu memindah QR Code yang sudah anda buat tersebut. Dari ini informasi tentang profil anda akan langsung muncul setelah QR Code anda discan. Sebuah cara yang praktis dan sangat mudah dibandingkan harus mencatat satu per satu.

2. Alat Promosi

QR Code juga bermanfaat sebagai alat promosi. Biasanya, poster atau banner akan menautkan kode ini yang mengarah ke websitenya. Anda juga bisa menempelkan QR Code pada kaos maupun seragam karyawan maupun tempat yang lainnya. Penggunaan QR Code sebagai alat promosi memang sudah cukup luas dan prosesnya pun sangat cepat sehingga tidak perlu menyita banyak waktu.

3. Jalan Pintas Mendownload Aplikasi

Fungsi yang ketiga yaitu digunakan sebagai shortcut atau jalan pintas untuk mengunduh aplikasi. Biasanya hal ini berkaitan dengan developer yang ingin agar aplikasinya dapat diunduh dengan mudah. Tinggal bidik kode QR melalui kamera smartphone dan aplikasi tersebut akan otomatis terunduh. Sebuah cara yang sangat mudah dibandingkan harus mencarinya di internet dan menunggu proses downloadnya hingga selesai.

Sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah memiliki QR Code kita sendiri. Beberapa aplikasi yang kita gunakan sudah memiliki fitur untuk menambahkan teman dengan cara menggunakan QR Code. Mayoritas aplikasi tersebut adalah aplikasi perpesanan atau messenger.

Ketika anda menggunakan aplikasi ini, secara otomatis anda juga sudah mendatkan kode QR anda sendiri yang nanti bisa anda berikan kepada orang lain yang ingin menjadikan anda sebagai teman di kontaknya.

Beberapa aplikasi messenger yang dulu terkenal menggunakan kode QR antara lain: Line, Kakao Talk, dan WeChat. Selain mendapatkan kode QR secara otomatis, apakah anda bisa membuat QR Code anda sendiri? Tentu saja bisa. Kemajuan teknologi sudah memberikan banyak hal-hal positif bagi kehidupan. Salah satunya anda bisa membuat kode QR anda sendiri.

Itulah cara membuat QR Code dengan mudah. Semoga tutorial ini bermanfaat dan mudah dipraktekkan!

Leave a Reply

Send this to a friend