• Our Partners:

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

Begini Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru Android dengan Mudah

NESABAMEDIA.COM – Dengan bantuan HP, anda bisa menghubungi siapa saja dalam sekejap. Ketika anda butuh menanyakan sesuatu dengan cepat kepada seseorang, anda hanya perlu mencari nama orang tersebut di dalam daftar kontak untuk menghubunginya.

Yang sedang dalam situasi darurat pun bisa menghubungi anggota keluarga dan pihak keamanan hanya dalam waktu sekian detik. Jarak bukan lagi penghalang. Seberapapun jauhnya jarak anda dari orang yang anda hubungi, anda tetap bisa berkomunikasi dengan lancar selama kondisi sinyal masih cukup memadai. Biaya untuk melakukan panggilan pun relatif rendah.

Tidak heran jika kemudian HP menjadi salah satu barang yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika pada sebuah acara dialog di Bali pada bulan Juni 2019, jumlah HP di Indonesia sudah lebih banyak daripada jumlah penduduk Indonesia.

Hal ini merupakan indikasi bahwa masyarakat Indonesia sudah tidak bisa lepas lagi dari HP, apalagi dengan harga HP yang relatif murah. Tersedia segala jenis HP untuk semua kalangan, termasuk HP low-end untuk masyarakat yang ingin memiliki HP namun terkendala harga.

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

Tidak sedikit pula masyarakat yang sering berganti HP untuk memiliki HP yang lebih canggih sekalipun HP yang mereka miliki masih dalam kondisi yang sangat bagus. Meskipun anda tidak termasuk dalam tipe pengguna yang demikian, suatu saat anda juga pasti akan membutuhkan HP baru karena HP lama yang sudah mulai menunjukkan gejala-gejala kerusakan, HP yang tidak lagi nyaman digunakan, atau karena alasan lainnya.

Di saat penggantian HP itulah anda juga perlu memindahkan daftar kontak dari HP lama ke HP baru. Bagaimana cara memindahkan kontak ke HP baru?

1. Buka menu Contact pada HP lama anda. Kemudian anda klik ikon Menu seperti yang ditunjuk tanda panah.

Memindahkan Kontak ke HP Baru 1

2. Setelah itu anda pilih menu Settings.

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

3. Untuk memindahkan kontak anda, pilih Export.

Memindahkan Kontak ke HP Baru 3

4. Kemudian pilih Share all contacts.

Memindahkan Kontak ke HP Baru 4

5. Tunggu proses export hingga selesai. Setelah itu klik Tap to share contacts.

cara memindahkan kontak ke hp baru dengan cepat

6. Disini kita akan mengirim daftar kontak pada HP lama melalui Gmail. Anda bisa juga menggunakan Whatsapp, Bluetooth atau media lainnya yang anda sukai. Pilih Just Once.

Memindahkan Kontak ke HP Baru 6

7. Alamat tujuan bisa anda masukkan alamat gmail pada HP baru. Setelah itu klik tombol Kirim.

cara memindahkan kontak ke hp baru melalui Gmail

8. Kemudian pada HP baru anda buka aplikasi Gmail. Kemudian download file kontak yang barusan dikirim.

Memindahkan Kontak ke HP Baru 8

9. Setelah download selesai, tinggal klik file tersebut.

Memindahkan Kontak ke HP Baru 9

10. Setelah itu import ke akun Gmail yang ada di HP baru.

Memindahkan Kontak ke HP Baru 10

11. Tunggu proses import hingga selesai. Kontak dari HP lama pun berhasil dipindah ke HP baru.

Bagi sebagian orang, daftar kontak hanyalah sebatas kumpulan nama dan nomor HP yang tidak begitu penting sehingga hilangnya kontak tidak membuat pusing. Sementara itu, banyak pula yang menganggap daftar kontak adalah data paling penting yang ada di dalam HP mereka, terutama kalangan profesional yang memiliki banyak koneksi dan klien.

Bagi mereka, kehilangan daftar kontak sama seperti kehilangan peluang bisnis. Karena itulah mereka tidak pernah lupa untuk selalu memindahkan kontak ke HP baru setiap kali mereka merasa perlu untuk mengganti HP.

Dengan mengikuti semua petunjuk di atas, anda tidak perlu memindahkan kontak ke HP baru dengan mengetikkan masing-masing nama di dalam daftar kontak. Cara manual seperti demikian masih masuk akal jika daftar kontak anda hanya memuat beberapa nama, tapi tentu akan sangat merepotkan apabila jumlah namanya sudah puluhan atau bahkan ratusan.

Dan yang terakhir, backup. Biarpun anda sangat berhati-hati dalam menggunakan HP, tetap ada kemungkinan hilangnya daftar kontak di HP karena masalah yang sama sekali tidak anda duga.

Leave a Reply